Yogya Bangun Pelabuhan Baru

Yogya Bangun Pelabuhan Baru

Yogyakarta – Yogyakarta akan punya satu pelabuhan nelayan lagi. Tambahan pelabuhan ini rencananya dibangun di Kawasan Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo.Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta, Suwarman Partosuwiryo, mengatakan, pelabuhan ini akan melengkapi pelabuhan yang sudah ada di Sadeng, Gunungkidul. Sadeng merupakan satu-satunya pelabuhan pemasok kebutuhan ikan di Yogyakarta dan sekitarnya.

Pelabuhan nantinya akan dinamakan Pelabuhan Tanjung Adikarto, dan siap beroperasi pada November ini. “Saat ini, baru proses lelang proyek dan diharapkan Mei sudah mulai dibangun,” kata Suwarman, Minggu 27 April 2014.

Tahap awal pembangunan, akan dilakukan pengerukan sedimentasi pada jalur kapal di sekitar pelabuhan dan selanjutnya pembangunan fasilitas lainnya seperti perkantoran, serta gudang ikan.

“Keberadaan pelabuhan ini akan mengurangi penumpukan kapal yang ada di pelabuhan Sadeng Gunungkidul,” paparnya.

Lebih lanjut Suwarna mengatakan, dengan dioperasikannya Pelabuhan Tanjung Adikarto tersebut, diperkirakan perolehan produksi ikan tangkap akan lebih tinggi mulai 2015. Untuk produksi ikan tangkap pada 2014, DKP DIY menargetkan mencapai 7.200 ton. Target itu lebih besar dari 2013 yang hanya mencapai 6.000 ton.

“Triwulan pertama tahun ini telah memperoleh 200 ton ikan tangkap, meningkat 15 persen dari perolehan pada periode yang sama 2013,” katanya. vnm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *