Walikota Surabaya : Saluran Air Harus Dibenahi

Walikota Surabaya : Saluran Air Harus Dibenahi

Bintang Pos, Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa saluran air di kampung-kampung yang tidak terhubung antara satu dengan lainnya harus dibenahi agar tdak terjadi genangan air yang menyebabkan banjir saat musim hujan tiba.

“Kita sudah tahu penyakitnya. Ada beberapa saluran yang tidak terhubung dan harus dibenahi. Kita akan selesaikan satu-satu. Saya sama Bu Erna (kepala dinas PU)  sudah tahu solusi apa yang harus diambil, kata Tri Rismaharini saat melakukan inspeksi mendadak di sejumlah kawasan di Kecamatan Bulak dan Kecamatan Kenjeran, Sabtu (28/9/2013).

Beberapa titik lokasi yang didatangi Risma di antaranya di kompleks Kenjeran, Kelurahan Kenjeran, Bulak, Kedinding Lor, Tambak Wedi, Nambangan, Bulak Banteng dan Sidotopo.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini dengan seksama mendengarkan laporan warga sembari mengamati beberapa saluran air yang airnya tidak mengalir lancar dan tidak adanya jalan air menuju sungai atau laut.

Bahkan, beberapa kali Risma harus menaiki sepeda motor untuk mencapai lokasi yang dituju dikarenakan jalan kecil yang tidak bisa ditembus dengan mobil.

Ia mengatakan sebetulnya sudah banyak upaya yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya untuk membenahi saluran-saluran air di Kota Surabaya dalam rangka mengatasi banjir.

Namun, karena banyaknya titik yang harus diselesaikan, membuat pengerjaannya hingga kini belum sepenuhnya tuntas.

Sebelum berkeliling ke beberapa titik di Kenjeran dan Bulak, mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, ini sudah menampung aspirasi dari warga di kawasan Surabaya Selatan dan Surabaya Barat.

Menurut dia, target prioritas yang kini akan diselesaikannya adalah mengatasi titik-titik penyebab terjadinya genangan air atau bahkan banjir ketika musim penghujan.

“Saya tinggal dua tahun dan saya ingin menyelesaikan permasalahan banjir. Utamanya di kampung-kampung kayak begini. Karenanya, kita rutin keliling. Kemarin kita sudah ke kawasan Surabaya Selatan dan Barat, sekarang ke Surabaya Timur,” kata Risma. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *