Wagub Jatim Sampaikan Selamat Kelolosan Eggi-Sihat

Wagub Jatim Sampaikan Selamat Kelolosan Eggi-Sihat

Bintang Pos, Surabaya  – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyampaikan selamat atas lolosnya pasangan Eggi Sudjana-M. Sihat dari jalur perseorangan dalam Pilkada setempat.

“Selamat kepada Eggi-Sihat yang sudah dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Menurut dia, lolosnya Eggi-Sihat membuktikan bahwa kualitas demokrasi di Jatim berjalan. Sebab, dengan adanya pasangan yang mewakili jalur nonpartai politik, membuat Pilkada Jatim semakin berwarna.

“Tidak mudah bisa menembus dan dinyatakan memenuhi syarat cagub perseorangan. Sekali lagi, selamat kepada Eggi Sudjana, mari bersama-sama dan berkompetisi secara fair dan sehat,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut.

Gus Ipul sendiri bersama Soekarwo juga akan maju menjadi calon gubernur. Pasangan petahana itu didukung mayoritas partai politik, kecuali PDI Perjuangan dan PKB yang memilih mencalonkan kandidat sendiri.

Sebelumnya, KPU Jatim menyatakan Eggi-Sihat lolos karena memiliki syarat dukungan minimal bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Jatim yang diselenggarakan 29 Agustus 2013.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad mengatakan pasangan ini lolos karena telah memenuhi syarat dukungan minimal 1.118.097 dukungan KTP atau minimal 3 persen jumlah penduduk Jawa Timur.

“Pasangan Eggi-Sihat berhasil mengumpulka 901.731 dukungan KTP dalam verifikasi tahap kedua,” katanya usai menggelar Pleno Verifikasi dan Rekapitulasi Dokumen Dukungan Hasil Perbaikan, Minggu (7/7).

Diketahui, dalam pleno pertama 9 Juni lalu, dukungan terhadap Eggi-Sihat yang memenuhi syarat hanya berjumlah 239.910 KTP dari total dukungan 1.122.458 KTP. Setelah diperbaiki, jumlah dukungan yang dikumpulkan 1.822.552 KTP.

Dari jumlah itu, yang memenuhi syarat sebanyak 901.731 dukungan dan 920.821 dukungan tidak memenuhi syarat. Dengan demikian total jumlah dukungan yang diperoleh Eggi-Sihat dari tahap pertama dan kedua adalah 1.141.641.

“Hal ini berarti ada kelebihan dukungan 23.544 dari syarat minimal yang ditentukan. Selain itu, syarat lainnya seperti hasil tes kesehatan dan ijazah juga dinyatakan tidak ada masalah,” katanya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *