Unggul di Berbagai Survei, Jokowi Jangan Ragu Nyapres

Unggul di Berbagai Survei, Jokowi Jangan Ragu Nyapres

Bintang Pos, Jakarta – Untuk ke sekian kalinya Jokowi unggul dalam survei yang menempatkan dirinya sebagai capres potensial. Jokowi diminta jangan ragu untuk maju sebagai capres 2014.


“Jokowi jangan ragu untuk maju terus. Karena kan hakikat politik dan demokrasi itu pemenuhan hasrat dan harapan publik,” ujar pengamat politik dari Universitas Paramadina, Rico Marbun saat berbincang dengan detikcom, Senin (6/5/2013).

Untuk PDIP yang belum merestui Jokowi maju nyapres, Rico mengatakan Megawati harus merelakannya. PDIP sebaiknya menjadikan Jokowi sebagai kandidat baru capres 2014.

“Karena langkah ini justru menguntungkan dan bisa membawa PDIP kembali unggul di kancah politik nasional. Mega lebih baik menahan keinginan dia ataupun anaknya untuk maju menjadi capres,” imbuhnya.

Selain unggul diberbagai survei sebagai capres, Jokowi juga diminati oleh capres-capres kalangan tua atau muka lama untuk menjadi cawapres. Rico menduga hal itu untuk meredupkan popularitas Jokowi.

“Daya tarik politik Jokowi justru akan meredup. Saya menduga ada usaha untuk melakukan pembonsaian terhadap popularitas Jokowi sebagai figur yang fresh dalam politik. Dengan usaha mentandemkannya dengan tokoh-tokoh lama. Jika Jokowi maju, apalagi ‘hanya’ menjadi wakil bagi wajah-wajah lama, diferensiasi politik Jokowi sebagai tokoh justru akan hilang,” tutupnya.(det-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *