Unesa Juara Umum Olahraga LPTK CUP di Bandung

Unesa Juara Umum Olahraga LPTK CUP di Bandung

Bintang Pos, Surabaya – Unesa juara umum dalam LPTK Cup VI 2013 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kejuaraan bergengsi antaruniversitas kependidikan eks-IKIP periode ke-6 itu mempertandingkan 2 cabang olahraga yakni tenis lapangan dan golf. Pertandingan diikuti 11 universitas dari 12 LPTK se-Indonesia pada 25–29 Juni 2013.

Berikut ini rincian hasil pertandingannya.

Pemenang dari pertandingan golf di antaranya adalah sebagai berikut.

Kategori Eksekutif

Juara I: Unesa

Juara II dan III: UPI

Kategori Prestasi

Juara I, II, III: UPI

Kategori Tim

Juara I UPI

Juara II: UNJ

Juara III: Unes

Sementara untuk hasil pemenang dari pertandingan tenis lapangan ialah sebagai berikut.

Kategori Eksekutif A

Juara I: Unesa

Juara II: UNM

Juara III: UNM dan UNY

Kategori Eksekutif B

Juara I: Unesa

Juara II: UNY

Juara III: UNM dan UM

Kategori Prestasi Tim

Juara I: Unesa

Juara II: UM

Juara III: UNY dan Undiksha.

Dengan demikian untuk Juara Umum diraih oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sehingga pada saat penganugerahan tropi, Pembantu Rektor IV Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. mewakili kontingen Unesa menerima piala kemenangan tersebut dari Rektor UPI.

 

Selain serunya pertandingan, rangkaian acara LPTK Cup ini sebelumnya juga dihadiri sebanyak 417 orang berbeda latar belakang pada Selasa (25/6/2013) dalam temu ilmiah yang bertema “Peran Lembaga Perguruan Tinggi Keolahragaan dalam Pengembangan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Nasional”. Rangkaian acara diadakan di Sport Hall UPI Bandung. Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Roy Suryo hadir didampingi Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda pada Deputi Pemberdayaan Pemuda Amung Makmun untuk membuka acara tersebut.

Roy mengatakan bahwa Indonesia bisa terkenal karena olahraganya. “Mari bangun kembali jiwa sportivitas, jangan lihat kontroversinya, tapi lihat semangatnya, sehingga insiden memalukan dalam sepak bola tidak perlu terjadi,” ucapnya. Roy juga berpesan, “lakukanlah inovasi, awali dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan, bakat alam saja tidak cukup, padukan dengan science, sehingga olahraga menjadi alat pemersatu”.

Senada dengan hal tersebut, Rektor UPI, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. mengatakan bahwa olahraga bisa terus tumbuh dan maju jika dibarengi dengan ilmunya. Olahraga yang sportif dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan ilmu kependidikan. (uns)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *