Timbun BBM Dengan Modus Baru

Timbun BBM Dengan Modus Baru

Bintang Pos, Surabaya – Berbagai cara dilakukan para pelaku demi menimbun bahan bakar minyak (BBM). Kali ini modusnya tergolong baru. Sebuah truk yang di dalamnya berisi tangki BBM berukuran besar. Untuk mengelabui petugas, bagian atas tangki ditutup dengan pagar bambu. Jika dilihat sepintas, truk tersebut seakan-akan memuat tumpukan kayu.

Namun, Kamis malam (4/7/13) Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil menyita truk bernopol N 8126 UK itu dari rumah di Jalan Raya Bangil, Pasuruan. Seorang warga berinisial BS yang diduga pemiliknya diamankan dengan sopir berinisial MT. Hingga kini, identitas keduanya belum di ketahui karena masih menjalani pemeriksaan.

“modus penimbunan baru. Seolah-olah orang menyangka kalau truk ini memuat gedek,” ungkap Kasubdit IV Triper Ditreskrimsus AKABP Maruli Sihaan.

Saat diamanakan, tangki berisi 2.000 liter solar bersubsidi. Rencana bahan bakar itu akan dijual ke pihak industri, tetapi keburu terbongkar.

Kendati BS dan MT telah ditangkap, hingga kemarin (5/7/13) status keduanya belum dinaikkan sebagai tersangka. Menurut Maruli, pihaknya masih membutuhkan keterangan saksi lainnya. “kami menduga ada pelaku lain di luar mereka,” ujarnya.

Berdasar penyelidikan, BS mulai menimbun BBM sekitar dua minggu sebelum harga BBM naik pada 22 Juni lalu. Sehari dia bisa mengisi sampai tiga kali dengan kapasitas yang berbeda. Untuk menghindari kecurigaan, MT yang bertindak sebagai sopir mengisi di SPBU yang berbeda-beda di sekitar Pasuran.

Modusnya, pelaku memasang alat penyedot otomatis berupa alkon. Alat berupa slang itu ditancapkan di tangki truk, lalu disalurkan ke tangki besar berkapasitas 5.000 liter yang disimpan di bak truk. Dengan demikian, setiap kali diisi, solar otomatis langsung tersedot ke dalam tangki besar.

Modus penimbunan itu terungkap karena laporan petugas SPBU di Bangil. Kepada polisi, pihaknya melapor bahwa truk Mitsubishi Fuso merah tersebut kerap berseliweran dan mengisi solar di berbagai SPBU. Berdasar laporan itulah, polisi melakukan penyelidikan dan membongkarnya Kamis malam.

“kami mencurigai ada apelaku lain yang juga melakukan modus sama,” tegas Kabidhumas Polda JatimKombespol Awi Setiyono. (ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *