Tiga Calon Sekkota Surabaya Jalani Tes

Tiga Calon Sekkota Surabaya Jalani Tes

Bintang Pos, Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan tiga calon Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya telah menjalani serangkaian tes di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.
“Beberapa hari yang lalu, Pemprov Jatim telah mengadakan tes terhadap tiga nama calon sekkota yang saya ajukan,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Surabaya, Selasa.

Menurut dia, ada tiga nama calon Sekkota Surabaya yang diajukan yakni Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Surabaya Erna Purnawati dan Kepala Dinas Komunikasi dan Infromasi (Diskominfo) Kota Surabaya, Chalid Bahari.

Dari tiga nama tersebut, pihaknya lebih condong ke Hendro Gunawan. Bahkan Risma sendiri harus melobi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jatim, terkait rencananya tersebut.

“Saya sudah jelaskan kepada pak Sekda, kenapa saya lebih memilih pak Hendro Gunawan,” katanya.

Risma menjelaskan, alasan dirinya memilih Hendro, sebenarnya lebih disebabkan dirinya tidak mau mengganggu suasana kondusif yang sudah ada di pemerintah kota. Terlebih dirinya bercita-cita mengharumkan nama Kota Surabaya, baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Oleh karena itu, dirinya menginginkan sekretaris kota yang memiliki visi serta misi yang sama dengan dirinya. Mengingat konsep pembangunan yang ia rancang tidak hanya untuk waktu dekat tapi untuk 50 atau 100 tahun ke depan.

“Kalau sekkotanya sulit memahami rencana tersebut, ya, saya yang akan kesulitan. Kebetulan pak Hendro ini kan orangnya sudah teruji dan tahu benar dengan apa yang saya inginkan dalam membangun kota Surabaya,” katanya.

Selain memiliki pemahaman yang baik, dari segi pendidikan Hendro Gunawan juga patut diperhitungkan. Dimana yang bersangkutan berhasil meraih gelar S2 di Belanda serta pernah mengikuti training yang bermacam-macam.

“Apalagi, pak Hendro itu kan orang tidak macam-macam dan mau bekerja keras. Itulah kualifikasi calon Sekkota yang saya butuhkan. Sebab jika saya bekerja sendirian seperti ini, saya pasti kesusahan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Sachiroel Alim Anwar, tidak mempermasalahkan siapaun yang bakal menjadi Sekretaris kota Surabaya. Oleh karena itu, dirinya tidak mempermasalahkan pilihan Tri Rismaharini tersebut.

“Wali kota tentu memilih orang yang bisa diajak bersinergi, saya percaya apa yang dipilih oleh bu wali juga akan berdampak baik untuk DPRD Surabaya,” ujarnya. (ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *