Tes CPNS Tiga Komputer Lemot

Tes CPNS Tiga Komputer Lemot

SURABAYA – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim digelar Selasa (22/10) hari ini di Kampus Akademi Transportasi dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya. Saat awal pelaksanaan, komputer sempat bermasalah.

Salah satu peserta tes CPNS Jatim gelombang I, Ratna Indrayati (32) menuturkan bahwa saat tes ia mendapatkan komputer yang lambat. “Loadingnya lambat saat akan mulai tes, tapi kemudian saya dipindah ke komputer paling belakang (cadangan, Red)” tuturnya. Ia mengaku ada 2 peserta lain yang mengalami hal yang sama dengannya. Beruntung, komputer cadangan yang ada tidak mengalami kendala saat digunakan.

Kendati demikian pelaksanaan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dianggap banyak memudahkan peserta. Arifin Dwi Saputro (25), peserta lainnya mengaku jika CAT yang diterapkan pada tes ini memudahkannya. Menu yang ditampilkan tidak membingungkan peserta.

“Jadi lebih efisien dan efektif, jika ganti jawaban, cukup dengan klik, tidak perlu hapus seperti LJK (lembar jawaban komputer),” akunya. Pemuda yang jauh-jauh datang dari Solo ini mengatakan jika sebagian materi yang ia pelajari muncul dalam tes kali ini. “Tidak banyak, tapi  beberapa soal hanya ganti angka saja, wajar” jelasnya.

Peserta tes, Fitriana Rianti (26) mengaku hampir tidak sempat mengalihkan pandangan mata dari komputer. “Tidak sempat noleh, takut kehabisan waktu” ujarnya. Patut dicatat, dengan waktu 90 menit dan mengerjakan 100 soal, maka satu peserta hanya mempunyai rata-rata waktu 54 detik per soal.

Peserta tes dari Lumajang Devi Fauriska (26), menyambut baik CAT yang lebih transparan. mengaku senang hasil tesnya langsung keluar. Hasil yang keluar terus ter-update seiring berlangsungnya tes pada gelombang-gelombang berikutnya. Tetapi ada juga peserta yang tidak senang hasil tes langsung diumumkan. “Kalau hasilnya jelek kasihan, langsung pupus harapannya” aku M.Azhar spo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *