Tak Lagi “Nyontreng” Pemilu 2014 kembali “Nyoblos”

Tak Lagi “Nyontreng” Pemilu 2014 kembali “Nyoblos”

Bintang Pos, Jakarta – Para pemilih dalam Pemilu 2014 tak lagi mencontreng pilihannya. Mekanisme teknis pemberian hak suara kembali ke cara lama, yaitu mencoblos foto caleg atau foto pasangan calon presiden dan wakil presiden. Cara ini sama dengan Pemilu 2004.  
“Terkait dengan teknis, ada beberapa perubahan dalam Pemilu 2014. Salah satunya pemberian hak suara tidak lagi dilakukan dengan cara mencentang, tetapi kembali dengan cara mencoblos,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ida Budhiati, Jumat (28/6/2013).

Ida mengungkapkan, untuk menyosialisasikan cara baru ini, pihaknya gencar melakukan sosialisasi agar tak ada pemilih tak bingung saat berada di bilik suara.

Sebelumnya, anggota KPU Sigit Pamungkas menyatakan, pihaknya akan meluncurkan kelompok relawan demokrasi sehat. Para relawan itu berasal dari anggota masyarakat yang memiliki komitmen yang sama dengan KPU, yakni mewujudkan pemilu yang lebih baik.

“Mereka ini akan menjadi agen sosialisasi KPU di tengah-tengah masyarakat,” kata Sigit, Kamis (27/6/2013).

Sigit menambahkan, sosialisasi pemilu memang diperlukan bagi masyarakat. Menurutnya, tidak semua anggota masyarakat memahami substansi pemilu dan teknis kepemiluan itu sendiri. Dengan demikian, perlu adanya sebuah tim yang dapat memberikan sosialisasi itu secara berkelanjutan. Terlebih, KPU pusat tidak selalu terjun ke lapangan untuk memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat. (kom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *