Suriah Tolak Tim Inspeksi Nuklir PBB

Suriah Tolak Tim Inspeksi Nuklir PBB

Bintang Pos, Surabaya: Damaskus – Suriah bakal tidak menerima kehadiran tim inspeksi senjata nuklir sebagaimana diusulkan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, setelah negeri itu diduga menggunakan senjata kimia dalam konflik di dalam negeri.

Keterangan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Muallem, kepada media, Senin, 8 April 2013, menanggapi usulan Ban.

“Ban mengusulkan agar tim inspeksi PBB diperkenankan datang ke wilayah Suriah guna memeriksa penggunaan senjata kimia. Keinginan itu bertentangan dengan sikap Suriah,” kata seorang pejabat Kementerian yang tak disebutkan namanya seperti dikutip kantor berita SANA.

“Suriah tak bisa menerima manuver Sekretaris Jenderal PBB mengingat peran negatif lembaga tersebut terhadap Irak sehingga membuka jalan bagi Amerika Serikat menginvasi negeri itu pada 2003,” jelasnya.

Dia mengatakan, Suriah telah mengajukan permintaan khusus agar dibentuk tim netral dan teknis yang jujur untuk mengunjungi Desa Khan al-Assal di kawasan sebelah utara Provinsi Aleppo.

Pada Senin, 8 April 2013, Ban menerangkan, satu tim inspeksi PBB di Siprus siap dikirimkan ke Suriah untuk mengungkap dugaan penggunaan senjata kimia di kawasan konflik. “Saya bisa umumkan hari ini bahwa satu tim advance yang sekarang berada di Siprus bisa dikerahkan ke Suriah,” kata Ban di Den Haag. “Kami siap.”(tem-gug)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *