Soal Unas Kian Sulit, Dindik Batu Tetap Optimistis

Soal Unas Kian Sulit, Dindik Batu Tetap Optimistis

Bintang Pos, Surabaya – Dinas Pendidikan Kota Batu tetap optimistis bisa meraih kelulusan sebesar 100 persen meski pelaksanaan dan soal Ujian Nasional (Unas) tahun ini diprediksi lebih sulit dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, setiap peserta dalam satu kelas setidaknya akan terdiri dari 20 macam soal.

“Baik guru maupun siswa harus bekerja keras menyiapkan Unas. Siswa harus lebih detail dalam mengerjakan soal ujian, sedangkan pengawas juga harus lebih teliti agar tidak terjadi kesalahan,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Budi Santoso, Kamis (4/4/2013).

Hal serupa juga diungkapkan Balok Yudono, Kabid Dikmen Dindik Kota Batu. Kendati begitu pihaknya tetap menghimbau agar para siswa tidak terlalu tegang dalam mengerjalan soal Unas. Sebab, Unas bukanlah satu-satunya penentu kelulusan seorang siswa.

“Yang terpenting dijalani saja dulu, hasil Unas ini nantinya menyumbang 60 persen kelulusan, sementara sisanya 40 persen merupakan nilai akademik di masing-masing sekolah,” tutur Balok.

Untuk meningkatkan kemampuan siswa, Dinas Pendidikan Kota Batu telah rutin menggelar try out, dengan hasil 60 persen siswa SD memiliki nilai yang bagus. “Kalau untuk kemampuan siswa sudah bagus, evaluasinya hanya terdapat pada non teknis seperti saat siswa memberi nama tulisannya kurang jelas dan lengkap,” imbuhnya.

Untuk diketahui, jumlah siswa SD/MI di kota Batu yang akan mengikuti Unas sebanyak 3.300 siswa. Sementara jumlah peserta Unas untuk tingkat SMP/MTs sebanyak 2.905 siswa, dan SMA/MA sebanyak 1.026 dan SMK sebanyak 984 siswa.(brj-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *