Siswa SD Banyumas Raih Medali Emas di ‘Bulgaria International Mathematics’

Siswa SD Banyumas Raih Medali Emas di ‘Bulgaria International Mathematics’

Bintang Pos, Surabaya – Kinantan Arya Bagaspati, siswa kelas VI SDN 2 Sokanegara Purwokerto, kembali mengukir prestasi internasional.

Putra pasangan Dinar Arya Sena-Dewi Sekarsari, warga Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur tersebut berhasil meraih medali emas di kompetisi Matematika tingkat Internasional, Bulgaria International Mathematics Competition (BIMC), awal Juli 2013 lalu.

BIMC merupakan salah satu kompetisi matematika internasional tahunan bergengsi yang diselenggarakan sejak 2003 di negara yang berbeda. BIMC 2013 diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan  Ilmu Pengetahuan Bulgaria bekerja sama dengan Pemerintah Kota Burgas, Persatuan Ahli Matematika Bulgaria dan Sekolah Matematika  Academic Obreshkov Burgas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Wahyu Budi Saptono saat mengantar Kinantan menghadap Bupati Banyumas Achmad Husein, akhir pekan kemarin menyatakan, BIMC diikuti sekitar 500 pelajar dari 29 negara peserta.

Kinantan merupakan salah satu dari dua anggota tim Indonesia, yang meraih medali emas untuk kategori individu. “Secara keseluruhan, pada tingkat SD delegasi Indonesia berhasil meraih 4 medali emas, terdiri dari 2 emas untuk kategori individu, 1 untuk kategori Team Contest dan 1 untuk kategori Group Prizes,” kata
Wahyu menerangkan.

Wahyu juga menyebutkan, Kinantan sebelumnya juga mengikuti beberapa kompetisi Matematika Internasional. Di antaranya Taiwan International Mathematics Competition (TIMC) 2011 dengan perolehan medali perunggu, dan India International Mathematics and Science 2012 dengan raihan medali perak.

Setelah dari Bulgaria, Kinantan rencananya akan berangkat lagi ke Singapura dan Guangzhou Cina untuk mengikuti kompetisi matematika. Di Singapura, Kinantan akan mengikuti International Mathematics Competition – Union (IMC-Union) pada 2-5 Agustus 2013.

IMC Union merupakan kelanjutan dari Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) tingkat Nasional 2013 yang diselenggarakan di Bogor pada 21 April 2013. Saat itu Kinantan mendapatkan medali Emas dan menjadi peserta terbaik (meraih skor tertinggi).

Even internasional lainnya yang akan diikuti Kinantan adalah International Math Summer Camp di Guangzhou Cina.

Kinantan berhak mengikuti even ini setelah sebelumnya meraih medali emas pada International Mathematics Assessments for School (IMAS) 2013 round 1 yang dilaksanakan pada 8 Desember 2012, dan round 2 pada 5 Maret 2013 di Solo. (rbk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *