Siapa Gubernur BI Baru Pengganti Darmin Nasution?

Siapa Gubernur BI Baru Pengganti Darmin Nasution?

Bintang Post (JAKARTA) – Gubernur Bank Indonesia akan berakhir masa jabatannya Mei mendatang. Siapakah calon kuat pengganti orang pertama di Bank Sentral tersebut?

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Darmin Nasution, laki-laki asal Medan ini telah menjadi Gubernur Bank Sentral sejak September 2010 menggantikan Boediono. Jabatannya akan berakhir pada 22 Mei 2013.

Sesuai aturan, karena jabatan Darmin akan segera berahir Mei mendatang, Presiden SBY diharapkan sudah mengajukan tiga calon kandidat pengganti Darmin tersebut ke DPR. Namun, sampai saat ini, Presiden belum juga mengajukan tiga nama.

Selain itu,bBerdasarkan Undang-Undang BI No 23 tahun 1999, presiden harus menyampaikan nama calon ke DPR maksimal tiga bulan sebelum masa jabatan pejabat sebelumnya berakhir.

Gubernur BI yang baru, nantinya, akan memiliki tugas berat. Pasalnya, mulai tahun depan, pengawasan perbankan yang selama ini menjadi wewenangnya kini beralih ke Otoritas Jasa Keuangan. Sedangkan Bank Sentral hanya berwenang dalam menetapkan kebijakan moneter.

Dengan adanya lembaga baru OJK, tugas Gubernur Bank Sentral yang baru bukan tambah mudah. Apalagi, di tengah krisis ekonomi yang tengah terjadi di global, sejumlah langkah yang tertuang dalam Management Crisis Protocol perlu terus menerus disempurnakan.

Siapa saja calon kuat kandidat gubernur BI yang baru? Apa harapan stakeholder akan kemampuan Gubernur Bank Sentral tersebut? (okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *