Setyo Bisono Terpilih Jadi Ketua Umum Peradi Surabaya

Setyo Bisono Terpilih Jadi Ketua Umum Peradi Surabaya

Bintang Pos, Surabaya  – Setyo Bisono terpilih sebagai ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dalam Musyawarah Cabang (Muscab) yang berlangsung di hotel Bumi Surabaya, Jumat (24/5/2013). Adapun sekretaris Peradi yang terpilih adalah Syaiful Ma’arif.

Pemilihan Ketua Peradi Surabaya diikuti oleh 13 calon, bukan 7 calon seperti diberitakan sebelumnya. Setyo Bisono memperoleh 261 suara dan sekretaris Peradi Syaiful Ma’arif mendapat 162 suara.

Sementara Henry Rusdijanto memperoleh 41 suara dan Ma’ruf Syah mendapat 36 suara. Sedangkan calon lainnya seperi Sunarno Edy Wibowo, Sudiman Sidabukke mendapat suara kurang dari 10 suara.

Awalnya, Setyo dan Syaiful akan dipilih ulang untuk menentukan pemenangnya. Namun, karena suara yang diperoleh Setyo jauh melampau Syaiful dan sisa suara juga tidak memungkinkan untuk menyamai suara Setyo, maka diperoleh kesepakatan Setyo sebagai ketua dan Syaiful sebagai sekretaris.

Usai pemilihan, Setyo bisono menyatakan, ke depan sebagai organisasi profesional Peradi harus menjadi induk organisasi yang mandiri, martabat dan manfaat atau m3.

Mandiri artinya, jangan ditunggangi kepentingan apapun, baik itu politik maupun kepentingan lainnya. Sedangkan, martabat adalah meningkatkan kerja profesional dengan dilandasi kode etik profesi dan dilandasi Iman dan Taqwa.

“Sementara bermanfaat bukan hanya untuk dunia advokat, namun juga bermanfaat untuk masyarakat luas terutama para pencari keadilan,” tandas Setyo.

Sebelumnya, suasana memanas saat sidang membahas rancangan tata tertib (rantatib) pemilihan Ketua Peradi Surabaya.

Bak pemilihan ketua sebuah partai politik, kubu-kubuan juga terjadi di Muscab organisasinya para advokat ini. Pembahasan sidang memicu ribut sesaat saat klausul syarat dukungan bakal calon dibacakan pimpinan sidang.

Tiga usulan disampaikan peserta sidang terkait syarat jumlah dukungan calon itu: 100 suara, 50 suara dan 20 suara dari total anggota Peradi Surabaya, 1.133. “Kita sepakati di tengah angka terbanyak dan terkecil, yakni 50 suara dukungan,” kata Joko Sumarsono, pimpinan sidang.

Tiga usulan syarat jumlah dukungan tersebut seolah merepresentasikan empat calon yang berhembus kuat di arena Muscab. Mereka adalah Syaiful Maarif, Makruf Syah, Setijo Boesono, dan Henry Rusdjianto.(brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *