Serangan Pemberontak Boko Haram Tewaskan 35 Jiwa

Serangan Pemberontak Boko Haram Tewaskan 35 Jiwa

Bintang Pos, Borno – Pemberontak Boko Haram dilaporkan telah menewaskan 35 orang dalam pertempuran di timur laut Nigeria. Menurut saksi mata, pasukan bersenjata menyerang desa Demba yang terletak di provinsi Borno, setelah daerah itu menolak untuk bekerjasama dengan mereka.

Serangan berdarah sebenarnya sudah terjadi sejak pekan lalu, tetapi baru bisa diketahui sekarang karena daerah Demba merupakan daerah yang sangat terisolasi.

Boko Haram merupakan kelompok pemberontak yang sudah menebar teror pada seluruh penjuru Nigeria sejak 2009, tetapi untuk serangan baru-baru ini, Boko Harambelum mengeluarkan pernyataan bahwa mereka lah yang bertanggungjawab.

Juru bicara keamanan Nigeria Brigadir Jenderal Chris Olukade mengungkapkan, selain korban tewas, 14 orang juga terluka akibat serangan ini. Reuters mendapat laporan dari seorang pekerja darurat, milisi ini secara membabi-buta membakar pemukiman penduduk, menembaki warga, dan memenggal kepala orang-orang di desa ini. Demikian dilansir BBC News, Sabtu (24/8/2013).

Kejadian ini kemungkinan dipicu oleh kematian dari salah satu pemimpin Boko Haram Aubabkar Shekau. Indikasi ini muncul karena serangan terjadi di hari yang sama saat pemerintah mengumumkan secara resmi telah menewaskan Shekau. Pemimpin Boko Haram ini diduga tewas dalam operasi militer yang dilakukantentara Nigeria.

Harus diakui, di bawah kepempinan Shekau, perilaku pemberontak Boko Haram semakin menggila. Mereka tidak hanya membunuh warga lokal, warga asing pun turut menjadi korban. Pemberontak Boko Haram memang bercita-cita untuk menjadikan Nigeria menjadi negara Islam.

Pada Mei lalu, Presiden Gudluck Jonathan telah mendeklarasikan situasi darurat di tiga wilayah timur laut Nigeria.
(okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *