September, PT Holcim Pabrik Tuban Siap

September, PT Holcim Pabrik Tuban Siap

Bintang Pos, Surabaya – Proses pembangunan untuk proyek pabrik Tuban I PT Holcim Indonesia Tbk yang berada di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban kini sudah mencapai 95 persen. Diperkirakan pada bulan September 2013 ini, pabrik semen tersebut sudah siap untuk berproduksi.

“Rencananya pada akhir bulan Septeber tahun ini pabrik Tuban satu sudah siap untuk produksi. Dan ada sekitar 150 tenaga yang sudah kita siapkan untuk membuat semen,” Sidik Darusulistyo, selaku General Manager PT Holcim Indonesia Tbk pabrik Tuban, Jumat (26/07/2013).

Dari pabrik I di Tuban yang hampir rampung pengerjaannya itu, PT Holcim ditargetkan mampu memproduksi semen sedikitnya 1,7 juta ton semen per tahunnya. Yakni dengan perhitungan produksi sebanyak 260 ton semen per jam.

“Saat ini kita sudah melakukan persiapan-persiapan dengan melakukan test setiap peralatan satu per satu. Sehingga nanti setelah lebaran semua peralatan siap dan siap untuk digunakan produksi,” sambung Sidik dihadapan para wartawan.

Sidik menegaskan, pada awal produksi yang akan dilakukan sekitar bulan September nanti, PT Holcim masih menggunakan bahan baku semen setangah jadi atau klinker yang diambilkan dari pabrik Cilacap. Sedangkan untuk bahan baku dari Tuban hanya beberapa persen saja.

“Untuk produksi awal memang kita masih mengambil klinker dari Cilacap yang dikirim menggunakan kapal. Karena sementara untuk klinker production belum kelar, dan diperkirakan baru selesei Februari 2014 mendatang,” lanjut Sidik.

Sementara itu, proses proyek pembangunan pabrik Tuban II PT Holcim yang juga berada di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban baru dikerjakan beberapa bulan lalu. Saat ini proses pembangunan pabrik Tuban II itu baru mencapai sekitar 6 persen saja. (bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *