Semen Gresik Meminjam PT Bank Mandiri Rp 1,4 Triliun

Semen Gresik Meminjam PT Bank Mandiri Rp 1,4 Triliun

Jakarta  – PT Semen Gresik mendapatkan fasilitas non cash loan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk senilai Rp1,4 triliun. Fasilitas tersebut akan digunakan untuk menjamin barang utama proyek pembangungan pabrik semen di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Semen Indonesia akan menggunakan fasilitas ini untuk mendukung ekspansi bisnis perseroan. “Kerjasama bidang finansial dengan Bank Mandiri ini dapat mendukung ekspansi Semen Indonesia melalui peningkatan kapasitas produksi di salah satu anak usaha yakni Semen Gresik,” ujar Dwi Soetjipto, Direktur Utama Semen Indonesia selaku induk usaha Semen Gresik, Jumat (20/3/2014).

Menurutnya, dengan peningkatan kapasitas produksi, Semen Indonesia bisa memenuhi permintaan semen nasional yang terus meningkat setiap tahun. Pada tahun ini, pertumbuhan kebutuhan semen diprediksi akan meningkat menjadi 63 juta ton atau naik sebesar 6 persen dari tahun lalu.

Sementara itu, Abdul Rachman, Direktur Institutional Banking Bank Mandiri mengatakan, pinjaman tersebut merupakan salah satu upaya Bank Mandiri dalam mendukung ekspansi bisnis Semen Indonesia Group.

“Ini adalah bagian dari komitmen kami menyediakan pembiayaan yang dibutuhkan untuk menuntaskan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia atau MP3EI sebagai upaya menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan,” kata Abdul Rachman.

Sebelumnya, Bank Mandiri sudah malakukan pembiayaan proyek infrastruktur. Proyek tersebut diantaranya adalah pembangunan jalan tol atas laut di Bali, pengembangan Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Kalibaru Tanjung Priok.

Pada tahun 2013, Bank Mandiri membiayai sektor konstruksi dan infrastruktur mencapai Rp15,4 triliun, tumbuh 30,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara untuk industri semen, Bank Mandiri mengucurkan kredit mencapai Rp2,1 triliun.kps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *