Sebagian Soal UN di 11 Provinsi Baru Didistribusikan Besok dan Senin

Sebagian Soal UN di 11 Provinsi Baru Didistribusikan Besok dan Senin

Bintang Pos, Surabaya – Meski naskah Ujian Nasional (UN) tahun 2013 tingkat SMP sederajat belum tiba di seluruh provisni di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali mengumbar jaminan bahwa UN SMP pada 22-25 April akan berjalan sesuai rencana.
“Untuk ujian SMP yang akan dimulai 22 April itu akan sesuai jadwal, karena upaya-upaya perbaikan pencetakan soal di penerbit yang untuk SMA bermasalah sudah kita alihkan ke percetakan-percetakan yang lebih baik, kata Staf Ahli Mendikbud bidang komunikasi publik, Sukemi, di Cikini, Jakarta, Sabtu (20/4).

Namun demikian, saat ditanya apakah seluruh provinsi di Indonesia sudah menerima naskah UN SMP, Sukemi mengakui bahwa di 11 provinsi yang UN SMA-nya ditunda, naskah soal UN SMP yang akan diujikan pada Selasa (23/4), Rabu dan Kamis belum tuntas didistribusikan.

“Di beberapa provinsi untuk (UN SMP) yang diujukan hari Senin dan Selasa sudah sampai naskahnya. Tapi untuk soal yang diujikan hari Rabu dan Kamis, itu akan dikirim pada hari Minggu (20/4) dan Senin (21/4),” ugkapnya.

Untuk UN SMP, sesuai jadwal semua soal sudah harus berada di provinsi paling lambat H-6, tapi Sukemi enggan mengakui bahwa belum terdistibusinya seluruh soal ke provinsi pada H-2 UN SMP, sebagai bentuk kemoloran.

Dia beralasan, bahwa seluruh naskah UN SMP yang dikerjakan oleh selain PT Ghalia Indonesia Printing di 11 provinsi, sudah didistribusikan 100 persen. Walaupun naskah soal untuk dua mata pelajaran terakhir yang diujikan Rabu dan Kamis baru akan dikirim pada hari Minggu dan Senin.

“Yang penting pada pelaksanaannya soal sudah ada pada saat ujian. Jadi kita kawal benar pelaksanaan UN SMP, Insya Allah sesuai jadwal,” tegasnyanya memberikan jaminan. (jpn-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *