Rusia Tawarkan Bantu Tenaga Nuklir kepada Afrika Selatan

Rusia Tawarkan Bantu Tenaga Nuklir kepada Afrika Selatan

Bintang pos, Surabaya: Durban – Rusia siap membantu Afrika Selatan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di negara itu, menyediakan fasilitas kredit jika proyek tersebut dilaksanakan oleh spesialis Rusia, kata Presiden Vladimir Putin Selasa.

Putin tiba di Durban pada kunjungan dua hari untuk menghadiri pertemuan puncak BRICS kelima dengan para pemimpin Brazil, India, China dan Afrika Selatan.

“Rusia menawarkan kepada Afrika Selatan tidak hanya untuk membantu pembangunan reaktor nuklir, tetapi juga dengan penciptaan industri tenaga nuklir canggih, termasuk ekstraksi bahan baku, pembangunan PLTN dan reaktor riset, desain dan produksi dalam negeri dari tenaga nuklir peralatan dengan dukungan kredit Rusia,” kata Putin setelah pembicaraan dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

Afrika Selatan telah memiliki dua reaktor nuklir menghasilkan lima persen dari listriknya.

Pemerintah berkomitmen untuk masa depan energi nuklir yang kuat, dengan rencana membangun perusahaan untuk memenuhi lebih 9.600 MW dalam dekade berikutnya, namun menghadapi kendala keuangan yang parah, kata Asosiasi Nuklir Dunia.

Secara keseluruhan, KTT Rusia-Afrika Selatan pada Selasa menghasilkan paket perjanjian kerja sama, termasuk deklarasi bersama mengenai kemitraan strategis.

Para pihak sepakat untuk meningkatkan perdagangan bilateral mereka, yang mencapai hampir satu miliar dolar AS pada tahun 2012, kata Putin.

“Kami berencana untuk mendirikan sebuah produksi bersama helikopter serbaguna ringan Ansat. Pembicaraan-pembicaraan berlangsung mengenai pengiriman pesawat penumpang buatan Rusia MS-21 ke Afrika Selatan,” kata presiden Rusia.

Deklarasi bersama tentang kemitraan strategis mencakup “klausul perluasan kerja sama di bidang militer, termasuk kerja sama militer dan teknis-militer dalam perspektif jangka panjang serta bentuk lain dari interaksi antara angkatan bersenjata kedua negara.”(ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *