Rupiah Jumat Pagi Menguat Tiga Poin

Rupiah Jumat Pagi Menguat Tiga Poin

Bintang Pos, Surabaya – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Jumat pagi sebesar tiga poin seiring dengan Bank Indonesia (BI) yang masih menjaga pergerakannya agar tetap stabil.
Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi bergerak menguat sebesar tiga poin menjadi Rp9.712 dibanding posisi sebelumnya (Kamis, 25/4) sebesar Rp9.715 per dolar AS.

“Bank Indonesia terus mengambil posisi penjagaan terhadap nilai tukar agar tetap stabil,” kata pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Ruly Nova di Jakarta, Jumat.

Penjagaan BI itu dilakukan, kata dia, menjelang kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk mengindari fluktuasi yang tinggi.

Ia mengatakan bahwa dolar AS masih bergerak dengan kecenderungan konsolidasi melemah seiring dengan sentimen negatif pascrilis data “durable goods orders” di AS yang turun di bawah ekspektasi.

“Kondisi itu juga mendorong pelemahan dolar AS terhadap beberapa mata uang di Asia, termasuk rupiah pagi ini,” katanya.

Analis Trust Securities Reza Priyambada menambahkan keterangan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah kembali menguat seiring dengan menguatnya mata uang euro dan poundsterling didorong perekonomian Inggris yang dinilai membaik.

“Di sisi lain, nilai tukar rupiah mendapat sentimen dari beberapa mata uang Asia, seperti won (Korea Selatan) dan yuan (China) seiring dengan rilis kenaikan PDB Korsel,” katanya. (ant-kba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *