Rp25 miliar untuk angkut pemudik bersepeda motor

Rp25 miliar untuk angkut pemudik bersepeda motor

Bintang Pos, Surabaya – Kementerian Perhubungan mengalokasikan dana subsidi Rp25 miliar untuk mengangkut pemudik yang pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor untuk berlebaran tahun ini.
“Subsidi itu menurut saya cukup realistis mengingat keterbatasan waktu untuk penyerapan anggaran,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Komisi V DPR menyetujui pengalokasian subsidi Rp25 miliar untuk membantu pemudik yang membawa pulang sepeda motor, yang terdiri atas Rp8,9 miliar untuk Perhubungan Darat; Rp7,4 miliar untuk Perhubungan Laut, dan Rp8,6 miliar untuk Perkeretaapian.

Bambang menjelaskan, biaya mengangkut sepeda motor dengan menggunakan kereta api Rp250.000 per unit serta biaya operasi pengembalian kereta Rp200.000 per unit.

 

“Dengan anggaran Rp8,6 miliar, sebanyak 20.000 sepeda motor dapat diangkut,” katanya.
Selain itu dana Rp7,425 miliar untuk mengangkut sepeda motor pemudik dari jalur laut bisa digunakan untuk membawa 23.800 unit sepeda motor dan 47.600 orang pemudik.

 

Pemerintah masih menghitung jumlah sepeda motor dan penumpang yang bisa diangkut dengan truk dengan dana Rp1,4 juta lain yang disediakan untuk membantu kegiatan mudik lewat jalur darat.

 

“Masih dihitung secara pasti berapa banyak sepeda motor yang dapat diangkut dengan truk,” katanya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *