Robot ERSION PENS Juarai KRI 2013

Robot ERSION PENS Juarai KRI 2013

Bintang Pos, Surabaya – Tim robot “ERSION” dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) akhirnya menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) 2013 Regional IV di GOR Bima Universitas Negeri Surabaya, Sabtu malam.


“Prestasi itu diraih Tim PENS setelah mampu mengalahkan tim robot ‘RI-Vet’ dari ITS saat bertemu dalam babak final KRI 2013. Sebelumnya, mereka mengikuti babak semifinal bersama Miracle SWC-8, dan New Rengganis,” kata Kepala Humas PENS Andri Suryandari.

Pertandingan semifinal pertama antara RI-Vet asal ITS melawan Miracle SWC-8 asal STMIK Surabaya membawa sukses tim RI-Vet dengan pencapaian Green Planet, namun tim dari STMIK Surabaya tidak kecewa, karena ketujuh “leaves” mampu menempati “hole” secara tepat.

Dalam pertandingan semifinal kedua antara New Rengganis dari Unesa dengan ERSION dari PENS juga mengundang antusiasme penonton, karena unjuk kebolehan ERSION dalam “duet spesial” antara robot manual dan automatic mencapai “The Green Planet” sebelum waktu selesai.

Hasil itu menandai “All Final’s ITS” terulang untuk ke sekian kalinya pada Final KRI Regional IV dengan keunggulan PENS atas ITS secara “green planet”, sedangkan juara ketiga diraih tim Miracle-SWC 08 dari STIMIK Surabaya.

Untuk juara ke 1, 2 dan 3 akan mewakili KRI Regional IV untuk melaju ke tingkat nasional di Semarang. Mereka menjuarai KRI yang diikuti 68 tim dari 25 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Timur.

Lima jenis kompetisi dalam KRI 2013 adalah KRI, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI, divisi robot beroda dan robot berkaki), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) atau Humanoid.

Tahun ini, PENS mengikuti semua divisi dengan menurunkan lima tim robotnya, yakni ERSION, EILERO, EFFIRO, EROS, dan ERISA. Seleksi KRPAI divisi beroda menyaring tiga wakil dari Regional 4 yaitu Arus (Universitas Dr. Soetomo), EFFIRO (PENS), dan Al-Jazari (ITS).

Di divisi berkaki, dipilihlah EILERO (PENS) di peringkat pertama, lalu Ulil Albab (Polinema) dan terakhir Child13Sh (Unmuh Malang).

Untuk divisi berkaki, skor ditentukan melalui jarak tempuh dan banyak ruangan yang dilaluinya. Poin tambahan akan diperoleh jika robot mampu memadamkan api.

Pada divisi KRSI, enam robot berlenggok menarikan tarian Hanoman Duta. Robot V-Nara, IBRAHIMI, eSPe’04, SUGRIWA, KETEUS, dan ERISA. Akhirnya, terpilihlah ERISA, V-Nara dan eSPe’04 di peringkat 1-3 yang berlaga di KRI Nasional.

Untuk final KRSBI, EROS (PENS) bertemu dengan Ichiro (ITS). Dalam pertandingan yang terbagi dalam dua babak ini, EROS berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 10-0.

Hingga kini, seleksi telah terlaksana di 2 regional, yaitu regional 1 (Sumatera) dan regional 4 (Jawa Timur). Masih ada tiga seleksi lagi yakni seleksi regional 2 (Jakarta dan Jabar), regional 3 (Jawa Tengah) dan regional 5 (Indonesia Timur). (ant-kba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *