Robot Amfibi ala Truk Angkut Sampah Sabet Juara

Robot Amfibi ala Truk Angkut Sampah Sabet Juara

Bintang Pos, Surabaya – Prihatin banyaknya sampah yang dibuang sembarangan, Muhammad Ibrahim dan Kevin Andriyanto merakit robot amfibi. Siswa kelas 8 SMP Al Azhar 13 Surabaya ini menjagokan robot amfibi buatannya di ajang Robot in Action yang dihelat oleh ITS. 
Alhasil, robot mereka memperoleh juara 2 di ajang nasional yang digelar 20-22 April 2013. Mengalahkan 33 tim dari seluruh Indonesia, robot amfibi ini masih mengalami banyak kegagalan. Meski begitu, ia tetap menyabet juara.

“Di pertandingan ini robot kami memang banyak kegagalannya. Tapi musuh-musuh kami kegagalannya jauh lebih banyak,” canda Hendro Yulius, guru pembina robot Al Azhar kepada wartawan di SMP Al Azhar kawasan Pakuwon City Jalan Florence, Selasa (23/4/2013).

Robot yang mengadaptasi cara kerja truk sampah ini dilengkapi penjepit yang mampu mengambil dan membersihkan sampah. Sang robot pun bisa ‘hidup’ di darat maupun di air.

Meski masih mengalami banyak kekurangan, Ibrahim dan Kevin tetap bersikukuh menggunakan robot tersebut di kompetisi robot mendatang.

“Sekarang sih masih dalam pengembangan robotnya, karena masih banyak kekurangan, tapi saya tetep jagoin robot ini di kompetisi robot lainnya,” tegas Ibra. (det-kba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *