Ribuan Fotocopy KTP Pendukung Eggy Sudjana Dikirim Ke KPU Kab / Kota

Ribuan Fotocopy KTP Pendukung Eggy Sudjana Dikirim Ke KPU Kab / Kota

Bintang Pos, Surabaya Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Independen Eggy Sudjana dan M Sihat telah mengumpulkan 1,2 juta foto copy KTP pendukung untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Kamis lalu.
Untuk selanjutnya KPU Jatim akan melakukan pengiriman ribuan foto copy KTP tersebut ke KPU Kabupaten/Kota se Jatim.

“Untuk hitungan di tingkat KPU Jatim ini pasangan Eggy Sudjana dan M Sihat sudah mengumpulkan 1,130.000 juta foto copy KTP, dan selanjutnya foto copy ini akan dikirimkan ke PPK (panitia pemilihan kecamatan) yang lantas dibawa ke tingkat desa untuk dilakukan verifikasi secara acak di lapangan,” ujar Anggota KPU Jatim, Najib Hamid di Surabaya, Senin (15/4).

Dikatakannya, untuk tahap pertama, ribuan foto copy yang saat ini menumpuk di kantor KPU hanya dilakukan pemilahan berdasarkan jumlah dan domisili.

“Pemilahan sudah selesai, dan hari ini kami lakukan pleno layak tidaknya hasil ini dilanjutkan ke verifikasi lanjutan,” ujarnya, seperti dilansir laman kominfo jatim.

Menurutnya, hasil dari verifikasi secara acak inilah yang akan dijadikan pertimbangan layak tidaknya calon independen itu melanjutkan untuk menjadi pasangan calon dalam pilgub Jawa Timur kali ini.

“Penghitungan atau verikasi KTP di tingkat Kab/kota ini akan dilakukan sampai tanggal 28 April 2013 mendatang,” ujarnya.

Ia menambahkan, persyaratan untuk menjadi cagub perseorangan di Jawa Timur harus minimal menyerahkan sebanyak 1.118.000 KTP dan minimal tersebar di 20 kabupaten/kota.
“Berdasarkan Undang – Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah, KPU mensyaratkan calon independen Jawa Timur harus membuktikan dukungan dengan mengumpulkan 1.118.000 foto kopi KTP,” ujarnya. (idn-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *