RI Negara Miskin Minyak, Tapi Berani Subsidi BBM Sangat Besar

RI Negara Miskin Minyak, Tapi Berani Subsidi BBM Sangat Besar

Bintang Pos, Surabaya – Percayakah anda cadangan minyak Indonesia sangat banyak? Pantaskah Rp 193 triliun ‘dibakar’ untuk BBM subsidi?

Dikatakan Kepala Satuan Khusus Palaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini, banyak orang bilang Indonesia itu negara kaya minyak bumi, tapi sebenarnya berapa cadangan minyak dimiliki Indonesia?

“Indonesia itu hanya punya cadangan minyak 3 miliar barel, kalau produksi minyak kita saat ini 830.000-850.000 barel per hari, maka hanya cukup sampai 12 tahun saja,” ungkap Rudi ketika berkunjung ke Kantor Trans Corp, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Kata Rudi, cadangan Indonesia itu hanya 0,3% dari total cadangan minyak dunia.

“Bandingkan cadangan yang dimiliki Venezuela yang punya 300 miliar barel, Saudi Arabia 270 miliar barel, sama Vietnam saja kita kalah mereka punya 4 miliar barel,” ujarnya.

Namun di dunia ini hanya ada 13 negara yang berani memberikan subsidi BBM salah satunya Indonesia.

“Ya yang berani kasih subsidi BBM ya negara yang kaya minyak, Venezuela, Saudi Arabia, Iran, Irak, Kuwait dan Indonesia salah satunya yang cuma punya 3 miliar barel jual BBM Rp 4.500 per liter, sementara negara seperti Vietnam, Thailand dan Singapura berani jual BBM Rp 14.000-Rp 15.000 per liter, bahkan di Eropa BBM-nya Rp 24.000 lebih karena kena pajak,” tandasnya.

Seperti diketahui tahun ini pemerintah menganggarkan subsidi energi hampir Rp 300 triliun, dari jumlah itu, Rp 193 triliun digunakan untuk subsidi BBM. (det-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *