Rhoma Irama Tolak Jurkam Cagub Pilkada Jatim

Rhoma Irama Tolak Jurkam Cagub Pilkada Jatim

Bintang Pos, Surabaya – Artis dangdut Rhoma Irama menolak menjadi juru kampanye (jurkam) semua pasangan calon gubernur yang akan berlaga di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur, karena tidak mendukung siapapun.

“Dalam Pilkada Jatim kali ini, saya tidak mendukung siapapun dan tidak menjadi jurkam calon manapun,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Ia mengaku di saat masa kampanye pada 12-25 Agustus 2013 bersamaan dengan jadwalnya di luar Jatim. Sehingga, musisi yang dijuluki Raja Dangdut tersebut tidak memiliki waktu berkeliling Jatim mempromosikan dan menyosialisasikan calon gubernur tertentu.

Kendati demikian, pihaknya mengaku sudah pernah dihubungi beberapa pasangan calon untuk dimintai bantuan mengisi kegiatan. Hanya saja, dengan sejumlah alasan tertentu, ia menolak dan para calon dapat memakluminya.

“Yang maju menjadi calon gubernur dan wakil gubernur sekarang ini sahabat saya semua. Gus Ipul dan Khofifah, keduanya sahabat saya. Sehingga saya tidak mendukung siapa-siapa,” kata Rhoma Irama.

Disinggung kedatangannya dan konsernya bersama Khofifah dalam sebuah acara Harlah PKB di Jombang, 30 Juni, Rhoma mengaku kapasitas kedatangannya bukan sebagai tim atau pihak yang mendukung Khofifah.

Legenda hidup musik dangdut Indonesia tersebut datang dalam rangka mengisi Harlah PKB, sekaligus mendampingi Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar beserta pengurus harian lainnya.

“Saya bersama Ketua Umum (Muhaimin Iskandar, red) ke sana. Kebetulan ada Harlah PKB dan saya bersama Soneta tampil di sana,” kata suami Rika Rahim tersebut.

Sementara itu, menjelang Pilkada yang diselenggarakan 29 Agustus mendatang, Rhoma Irama mengimbau kepada masyarakat Jatim untuk memilih dan menentukan hak pilihnya sesuai hati nurani, bukan berdasarkan paksaan.

Selain itu, pihaknya berharap demokrasi yang sudah relatif aman saat ini harus tetap dijaga agar tidak tercemari dengan konflik-konflik, sehingga dapat mencederai proses demokrasi.

“Kepada semua pasangan calon dan tim, tegakkan sportifitas berpolitik. Apalagi, jangan sampai proses demokrasi yang sekarang sangat baik ini terganggu. Bahkan, harus ditingkatkan lagi,” ujarnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *