Rebut Beasiswa Sampai ke Negeri Panda Yuk

Rebut Beasiswa Sampai ke Negeri Panda Yuk

Bintang Pos, Surabaya – Para pelajar Jawa Timur mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa untuk kuliah di kampus-kampus ternama China, baik untuk program Strata 1 (S1) maupun pascasarjana.

Hal ini terkait kehadiran 25 perguruan tinggi China yang akan berpameran dalam Pameran Pendidikan China (PPC) ke-16 di Surabaya. Pameran itu dilaksanakan di Hotel Tunjungan, Surabaya mulai Sabtu (11/5/2013) hingga Minggu (12/5/2013).

Ketua Beijing Language & Culture Institute (BLCI) Ir. Samuel Wiyono MBA mengatakan dalam PPC 16 yang diikuti 25 perguruan tinggi dari China memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk memperoleh beasiswa secara langsung hingga mencapai Rp12 juta.

“Maka, saya harapkan kesempatan ini tidak disia-siakan oleh pelajar Jawa Timur, terutama yang berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya,” jelas Samuel, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (12/5/2013).

Dia menargetkan dapat memberangkatkan 750 siswa Indonesia, termasuk pelajar Surabaya, untuk berkuliah di China. Kehadiran 25 perguruan tinggi dari China, menjadikan pameran tersebut merupakan pameran pendidikan terbesar dan terlengkap.

Para peserta pameran menawarkan banyak program mulai dari bahasa Mandarin, Foundation, HND (Higher National Diploma), Diploma Gelar Sarjana S1/Pascasarjana S2 dengan berbagai prodi baik dengan mata kuliah seluruhnya pengantar bahasa Mandarin atau bahasa Inggris.

“Siswa yang mengambil program pendidikan dengan pengantar bahasa Inggris, juga memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Mandarin,” katanya.

Untuk itu, lanjut Samuel, BLCI yang juga konsultan studi di China sejak 2005 ini, optimistis pameran yang dilaksanakan Sabtu (11/5) dan Minggu (12/5) di Hotel Tunjungan, Surabaya ini akan meriah dan dipadati pengunjung.

“Ketika kami pameran di Medan, pengunjung juga banyak yang datang, dan pelajar di Medan sangat antusias. Mereka juga gembira dapat memperoleh kesempatan berkuliah di China,” ujarnya.

Ia mengatakan dalam pameran tersebut Universitas terkemuka seperti Harbin Institute Technology, Beihang University dan Ningbo University,  menerima banyak siswa yang mendaftar, baik untuk program Gelar Sarjana S1 maupun S2 dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris.

Demikian juga universitas dengan program artikulasi/pathway/lanjutan  pengantar bahasa Inggris dengan gelar di Inggris ataupun Amerika seperti Guilin Institute Tourism, Ningbo University Technology, Sino British College-Shanghai, Wuhan University Technology, Blue Mountains Hotel School-Suzhou juga banyak diminati dengan menerima pendaftaran langsung pada saat pameran. Perguruan tinggi tersebut selain menerima lulusan SMU ataupun A level maupun IB Diploma juga beberapa diantaranya menerima siswa kelas 2 SMU atau O level.

Universitas lainnya yang membuka program Foundation ataupun gelar sarjana S1 maupun Pascasarjana S2 dengan pengantar bahasa Inggris seperti South China University Technology, Zhejiang University Science Technology, Nanjing Audit University, Nanjing University Information Science Technology.

Kemudian Nanjing University Aeronautics Astronautics, Ocean University China-Qingdao, Shandong University Science Technology-Qingdao,Liaoning Medical University-Jinzhou, dan Shenyang Aerospace University juga menerima pendaftaraan langsung pada saat pameran.

Demikian juga dengan universitas yang menawarkan belajar bahasa Mandarin ataupun program gelar dengan menggunakan pengantar bahasa Mandarin seperti, Jiangxi Normal University, Northeast Normal University, Hubei Engineering University, Guangxi Teachers Education  University dan Guandong University Technology-Guangzhou juga tetap menjadi favorit  siswa Indonesia pada saat pameran berlangsung.

“Beberapa kampus juga menawarkan kesempatan magang di China bagi mahasiswa Indonesia. Bahkan peserta magang mendapatkan uang saku sehingga dapat meringankan biaya pendidikannya,” jelas Samuel.(oke-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *