Real Madrid Akhirnya Juara Liga Champions 2013/2014

Real Madrid Akhirnya Juara Liga Champions 2013/2014

Manca  – Real Madrid  menang dramatis pada final Liga Champions 2013/14. Sempat tertinggal 0-1 dari  Atletico Madrid  hingga injury time babak kedua, mereka akhirnya mampu membalikkan dan menang 4-1 lewat gol Sergio Ramos, Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo.

 Pada laga yang dihelat di Estadio da Luz, Lisbon, Minggu 25 Mei 2014 dini hari WIB tersebut, Madrid mencoba bermain efektif sejak awal. Mereka bermain bola-bola pendek dan secara perlahan mencoba menusuk daerah pertahanan Atletico.
Menit 31, Madrid mendapat peluang emas lewat Gareth Bale. Berawal dari pelannya umpan Tiago, Bale menyerobot bola dan menggiringnya hingga mendekati gawang. Dia pun melepaskan tendangan, namun bola masih menyamping di gawang Atletico.
 Atletico berhasil unggul pada menit 36. Diawali tendangan sudut, kemelut terjadi di depan gawang Madrid. Godin menyundul dan membuat bola masuk ke gawang, lantaran Iker Casillas terlalu maju. Dan, hingga babak pertama usai skor tetap 1-0.
Selanjutnya, Madrid mencoba untuk lebih agresif. Pada menit 73, Bale mendapat peluang dan melepaskan tembakan, namun bola masih melebar. Menit 77, lagi-lagi, Bale gagal memanfaatkan peluang emas, karena bola sepakannya menyamping.
Meski terus menekan, Madrid kerap kesulitan untuk mencetak gol, lantaran kokohnya lini pertahanan Atletico. Dan, gol yang mereka tunggu-tunggu pun akhirnya datang pada menit 90+3, lewat sundulan Sergio Ramos. 1-1, laga pun berlanjut ke extra time.
Pada babak extra time, Madrid mampu berbalik unggul pada menit 110 lewat Gareth Bale, yang memanfaatkan bola rebound. Bahkan, Madrid kemudian menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol Marcelo pada menit 118.
Belum cukup sampai disitu, Los Merengues melengkapi pesta lewat gol penalti yang dicetak Cristiano Ronaldo pada menit 120. Dan, hingga wasit mengakhiri pertandingan, tak ada gol tambahan, Madrid pun menang 4-1 dan meraih La Decima.
 
Susunan pemain
Real Madrid : Iker Casillas, Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Fabio Coentrão (Marcelo 59′), Sami Khedira (Isco 59′), Luka Modric, Angel Di María, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Morata 79′), Gareth Bale
 
Atletico Madrid : Thibaut Courtois, Juanfran, Miranda, Diego Godin, Filipe Luis (Toby Alderweireld 83′), Tiago Mendes, Gabi, Koke, Raul Garcia (Jose Sosa 66′); David Villa, Diego Costa (Adrian Lopez 9′)

 Penantian 12 Tahun

Real Madrid memastikan diri menjadi juara Liga Champions 2013/14, usai memenangi laga final melawan Atletico Madrid . Itu merupakan gelar Liga Champions ke-10 mereka biasa disebut La Decima, yang telah dinanti sejak 12 tahun lalu.

 Sebelumnya, terakhir kali Madrid meraih Liga Champiosn adalah pada musim 2001/02, di mana saat itu Zinedine Zidane dan kawan-kawan meraih kemenangan 2-1 atas Bayer Leverkusen. Namun setelahnya, mereka kerap tak mampu mencapai babak final.
Saat Jose Mourinho mulai menukangi Los Blancos pada musim 2010/11, harapan La Decima muncul setelah mereka melaju ke semifinal. Namun, saat itu Cristiano Ronaldo cs mesti menyerahkan tiket final kepada Barcelona , usai kalaha agregat 1-3.
Pada musim berikutnya, harapan itu kembali muncul, setelah mereka kembali mampu mencapai babak semifinal. Namun, kembali, tim asuhan Mourinho harus rela mengubur mimpi lantaran kalah adu penalti dari Bayern Munich.
Setahun berselang, Los Blancos kembali melakoni semifinal Liga Champions dan berhadapan dengan Borussia Dortmund. Tapi, lagi-lagi kandas, karena menyerah dengan agregat 3-4, padahal tinggal membutuhkan satu gol lagi pada leg 2.
Dan, mimpi La Decima itu pun akhirnya terwujud setelah kedatangan Carlo Ancelotti pada musim ini. Nyaris kembali gagal karena tertinggal 0-1 hingga menit 90+3, Los Merengues kemudian mampu memaksakan extra time lewat gol Sergio Ramos. Di babak extra time, mereka pun akhirnya memastikan La Decima dengan kemenangan 4-1.vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *