Ra Latif : fungsi Puskesmas juga sebagai fasilitas promotif dan preventif  

Ra Latif : fungsi Puskesmas juga sebagai fasilitas promotif dan preventif  

BintangPos, Bangkalan – Selama ini fungsi dari fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut untuk merawat dan menyembuhkan orang yang sakit. Nantinya, puskesmas juga sebagai fasilitas promotif dan preventif.

Demikian dikatakan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat meresmikan pembangunan gedung Puskesmas Modung, Senin (12/4/2021).

Sehingga puskesmas menjadi tempat untuk mengedukasi soal kesehatan, pencegahan, dan deteksi dini penyakit. “Ke depan konsentrasi pelayanan di puskesmas fungsinya ditambah menjadi promotif dan preventif,” katanya. 

Jika puskesmas masih berfokus pada pelayanan kuratif dan rehabilitatif, orientasinya pembayaran layanan kesehatan.”Kalau puskesmas fokusnya ke upaya promotif, orientasinya pada keberhasilan program kerja,” katanya.

Pemerintah berupaya menjadikan puskesmas sebagai tempat mencegah orang menjadi sakit, bukan melayani untuk mengobati orang yang sakit saat ini.

Selain itu Ra Latif menyampaikan, pembangunan gedung Puskesmas Modung yang baru berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Kementerian Kesehatan. 

Dalam hal ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat. Selain itu sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bangkalan. 

“Kami akan terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kami berharap agar masyarakat dapat menjaga gedung Puskesmas yang baru dibangun ini,” ujarnya. 

Lebih lanjut Bupati mengingatkan, dengan dibangunnya gedung baru bisa lebih semangat dan inovatif mengajak masyarakat setempat untuk menerapkan pola hidup sehat. Dirinya pun berharap, bangunan Puskesmas yang nyaman dan memiliki fungsi optimal, mampu mengubah paradigma pengelolaan kesehatan dari paradigma sakit ke paradigma sehat. 

“Kami ingin Puskesmas menjadi mal orang sehat. Jadi orang ke Puskesmas bukan hanya pas sakit, tapi juga ketika sehat agar terus sehat,” ucapnya. 

Selain itu, Bupati juga berharap, kedepannya Puskesmas akan jadi tempat pelayanan pertama bagi masyarakat yang sakit. Sehingga tidak langsung ke rumah sakit, karena fasilitas dan pelayanan di Puskesmas sudah efektif.

“Pemkab Bangkalan terus berkomitmen meningkatkan kesehatan dan membangun sumber daya manusia yang baik. Berhasilnya pembangunan kesehatan berawal dari sinergi Pemerintah dengan masyarakat,” pungkasnya. Nhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *