Puluhan Kader Partai Gerindra Jember Protes DCS

Puluhan Kader Partai Gerindra Jember Protes DCS

Bintang Pos, Jember – Puluhan kader Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Jember, Jawa Timur, memprotes penentuan daftar calon legislator sementara di kantor dewan pimpinan cabang setempat, Selasa.
“Rekrutmen calon anggota legislator tidak transparan, bahkan kader yang sudah lama bergabung di Gerindra tidak masuk dalam daftar calon legislator sementara (DCS),” kata Ketua Satuan Relawan Indonesia Raya Jember, Zulfikar Robi.

Menurut dia, sejumlah bakal calon legislator yang tidak mengikuti tes psikologi dinyatakan lolos dalam DCS, sedangkan kader yang mengikuti tes psikologi dinyatakan tidak lolos.

“Pengurus partai tidak mengakomodir aspirasi para kader, bahkan tidak ada komunikasi yang baik dengan pengurus anak cabang (PAC),” tuturnya.

Puluhan kader partai berlambang garuda emas itu juga menuntut Ketua DPC Partai Gerindra Jember M. Satib untuk mundur dari jabatannya karena dinilai tidak bisa memimpin partai dengan baik.

“Kami mendesak Ketua DPC segera mundur. Jika tidak, kami akan melakukan demonstrasi besar-besaran di Kantor DPC Partai Gerindra,” ujarnya.

Orasi yang dilakukan sejumlah kader Partai Gerindra tidak mendapat tanggapan dari pengurus, sehingga sejumlah poster tuntutan mereka diletakkan di jalan dan melemparinya dengan telur busuk sebagai tanda kekecewaan kader partai.

Sementara Wakil Ketua DPC Partai Gerindra, Ahmad Halim, membantah adanya rekayasa dalam rekrutmen bakal calon legislator hingga penentuan DCS yang sudah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Sejauh ini mekanisme penentuan DCS sudah sesuai prosedur karena ditentukan secara langsung oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jatim dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerinda,” tuturnya.

Menurut dia, DCS tersebut sudah final karena kewenangan mutlak dari DPP dan pengurus di daerah hanya menjalankan keputusan tersebut.

Kedatangan puluhan kader Partai Gerindra itu mendapat pengawalan yang cukup ketat dari aparat kepolisian setempat, bahkan jalan masuk menuju Perumahan Bumi Kaliwates ditutup sementara.(ant-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *