Puan : PDI Perjuangan tidak tergantung satu figur

Puan : PDI Perjuangan tidak tergantung satu figur

Pontianak – Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan bahwa partainya tidak tergantung kepada satu figur seperti Joko Widodo untuk diajukan sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2014.“PDI Perjuangan sudah punya calon-calon. Tetapi siapa yang dipilih, itu tergantung keputusan partai,” kata Puan Maharani di Pontianak, Selasa.

Ia melanjutkan, PDI Perjuangan mempunyai Ganjar (Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng), Teras (Teras Narang, Gubernur Kalteng), Cornelis (Gubernur Kalbar), Jokowi (Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta) atau Rano Karno (Wagub Banten).

Menurut dia, hal itu menunjukkan PDI Perjuangan mempunyai banyak tokoh yang dapat diajukan dan masing-masing bisa menambah suara pada pemilu mendatang.

Namun, ia menambahkan, kalau dikaitkan dengan ketokohan seseorang, sah-sah saja hal itu dilakukan.

PDI Perjuangan juga tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lain, termasuk Partai Nasional Demokrat (Nasdem). “Bisa saja itu terjadi,” kata Puan Maharani.

Mengenai nama Jokowi yang akan diajukan PDI Perjuangan, ia menegaskan hal itu bukan wacana yang perlu didiskusikan karena bukan berasal dari keputusan partai.

“Kami masih menunggu hasil dari Pemilu Legislatif, lalu baru melakukan konsolidasi partai. Bagaimana bisa mencalonkan, kalau hasilnya tidak bisa memenuhi 20 persen,” kata dia.

Secara nasional, PDI Perjuangan menargetkan perolehan suara sebesar 27,02 persen atau 152 kursi di DPR RI. Ia tidak memungkiri bahwa PDI Perjuangan mempunyai peluang besar untuk memenangkan Pemilu 2014.

“Insya Allah kami untuk menang di tiap wilayah, terutama basis-basis PDI Perjuangan,” kata Puan Maharani.

Namun ia juga berharap pemilu berlangsung secara jujur, adil, tanpa intervensi serta manipulasi dari segi teknologi informasi (IT), daftar pemilih tetap dan Mahkamah Konstitusi dibenahi.

“Termasuk Lembaga Sandi Negara yang menjalin nota kesepahaman dengan KPU. Sejak awal PDI Perjuangan menolak kerja sama itu,” katanya. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *