Presiden Jokowi: Hannover Messe Bantu Wujudkan Mimpi Indonesia Emas 2045

Presiden Jokowi: Hannover Messe Bantu Wujudkan Mimpi Indonesia Emas 2045

Bintangpos, JAKARTA – Pemerintah berupaya memanfaatkan peluang ekonomi untuk mendorong pengembangan ekonomi digital dan industri 4.0 melalui Partner Country Hannover Messe 2021.

 Acara ini akan digelar secara virtual pada 12-16 April 2021, dengan memamerkan berbagai inovasi start-up, teknologi informasi (TI), robotika, energi, kendaraan listrik, dan produk teknologi lainnya.

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara pameran ini secara virtual bersama dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel. Dia menyampaikan bahwa merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi mitra Hannover Messe 2021 kedua kalinya setelah 26 tahun lalu.

“Tema tahun ini adalah transformasi teknologi, sangat relevan dengan situasi pandemi saat ini, khususnya teknologi digital (menjadi) semakin penting,” katanya, yang dikutip melalui siaran pers, Selasa (13/4/2021).

Jokowi mengatakan, transformasi teknologi menciptakan momentum yang bukan saja membawa dunia keluar dari pandemi, tetapi juga untuk melakukan lompatan besar ke depan.

 “Di 2045, pada usia seabad akan menjadi tahun emas bagi Indonesia, dan ini adalah visi besar Indonesia yaitu ‘Indonesia Emas’ yang diwujudkan melalui industri 4.0. [Perkembangan] Ekonomi digital dan industri 4.0 di Indonesia adalah yang tercepat di Asia Tenggara,” jelasnya.

Adapun, Indonesia merupakan satu-satunya negara Asean yang menjadi Partner Country di ajang pameran teknologi industri tahunan terbesar Jerman di dunia tersebut.

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah mengusung tema Making Indonesia 4.0 dalam pameran tahun ini, sehingga Indonesia dapat menampilkan diri sebagai negara emerging yang tengah melakukan transformasi ekonomi menuju industri 4.0 yang berbasis riset dan inovasi.

“Indonesia harus bisa tampil dan menunjukkan eksistensi sebagai negara ekonomi besar,” ujarnya.

 Menurutnya, Hannover Messe akan memberikan optimisme bagi dunia usaha untuk menjaring investor skala global. Pada sektor perdagangan, para pelaku usaha juga dapat memperoleh kesempatan mendapatkan mitra untuk memperluas ekspornya.

156 pelaku industri dari Indonesia yang akan berpartisipasi dalam pameran ini, 54 di antaranya berasal dari sektor industri logam, mesin dan alat transportasi dan elektronika. Selain itu, ada sebanyak 63 startup asal Indonesia yang akan berpartisipasi. Pameran Hannover Messe diperkirakan akan menarik 1 juta pengunjung tahun ini. bis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *