Polisi Gresik Temukan Mortir Peninggalan Belanda

Polisi Gresik Temukan Mortir Peninggalan Belanda

Bintang Pos, Gresik – Aparat Kepolisian Sektor Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menemukan sebuah mortir peninggalan masa perang Belanda di wilayah perumahan Dukuh Gumantar, Kelurahan Gending wilayah itu.
Kepala Unit Reskrim Polsek Kebomas, Ipda Suparmin, Selasa mengaku penemuan mortir yang diduga masih aktif itu langsung dilaporkan ke Tim Gegana Polda Jatim untuk diamankan dari lokasi.

“Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan meledaknya mortir itu, maka penemuan itu langsung kita amankan dengan meminta bantuan tim Gegana dari Polda Jatim,” katanya.

Sementara itu, salah warga Suwandi mengatakan, awal penemuan mortir itu sekitar pukul 08.00 WIB, yakni saat dirinya menggali tanah untuk membuat pondasi rumah.

“Saya kaget ketika ada benda keras menyentuh cangkul saat akan menggali tanah untuk pondasi rumah, sehingga langsung saya laporkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Suwandi mengatakan, benda yang ditemukan saat menggali tanah itu memiliki panjang 40 cm dan berdiameter 15 cm.

“Usai ada benda itu, saya kemudian tidak melanjutkan aktivitas menggali pondasi rumah, dan saya tunggu kepolisian untuk datang ke lokasi,” katanya.

Kepala Satuan Resrkim Polres Gresik, AKP Nur Hidayat mengatakan, untuk identifikasi lebih lanjut penemuan mortir itu diserahkan sepenuhnya pada tim Gegana Polda Jatim.

“Kami dari Polres Gresik tidak memiliki kewenangan penuh mengidentifikasi penemuan mortir itu, dan saya serahkan sepenuhnya pada Polda Jatim,” katanya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *