PMII Tolak Wagub Jatim Jadi Anggota Kehormatan IKA-PMII

PMII Tolak Wagub Jatim Jadi Anggota Kehormatan IKA-PMII

Bintang Pos, Surabaya – Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur menolak wacana Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi anggota kehormatan Ikatan Alumni (IKA) PMII.

“Kami tidak sepakat dengan sikap Sekjen PB IKA-PMII A Effendi Choiri yang menawarkan Gus Ipul menjadi anggota kehormatan IKA-PMII, apalagi ini menjelang Pilgub,” kata Sekretaris Umum PKC PMII Jawa Timur, Deny Mahmud Fauzi, di Surabaya, Jumat.

Ia mengemukakan hal itu menanggapi tawaran Sekjend PB IKA-PMII Effendi Choiri pada Pra-Munas IKA-PMII di Gedung Museum NU, Surabaya, 25 Juni lalu. Saat itu, alasan Effendi Choiri adalah agar dukungan IKA PMII pada Pilgub Jatim lebih jelas.

Dalam forum tersebut, Gus Ipul hadir dalam kapasitas sebagai Wakil Gubernur Jatim yang pada Pilgub 2013 akan mencalonkan kembali bersama Soekarwo. Mantan Ketua Umum PP GP Ansor itu merupakan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Menurut Deny, tawaran Gus Choi (panggilan Effendi Choiri) itu tidak etis dan sangat politis, karena Gus Ipul bukan kader PMII dan keanggotaan IKA PMII adalah dari alumni yang telah lama berproses di PMII.

“Secara kultural, hubungan kami (PMII Jatim) dengan Gus Ipul itu baik, tapi kami pikir tidak perlu-lah Gus Ipul dimasukkan sebagai anggota IKA PMII, karena beliau memang bukan kader PMII,” katanya.

Bahkan, ia menilai tawaran itu dinilai sangat kental bermuatan politis. IKA PMII telah dicoba untuk diseret ke dalam arena dukung-mendukung pada Pilgub Jatim pada 29 Agustus mendatang.

“Secara etika organisasi, IKA PMII haram dibawa-bawa untuk mendukung calon tertentu,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Kajian Strategis dan Opini Publik PMII Jatim, Abdul Hady JM mengaku, pihaknya dalam beberapa ini mendapat banyak komplain/keluhan dari hampir semua pengurus cabang dan kader PMII se-Jatim terkait tawaran Gus Choi tersebut.

“Mereka menolak dan meminta agar Gus Choi mencabut tawaran tersebut,” kata Abdul Hady JM.

Munas ke-5 IKA PMII akan digelar di Jakarta pada 1-3 Juli 2013. Selain melakukan pergantian pengurus PB IKA-PMII, Munas tersebut juga membahas beberapa agenda IKA PMII ke depan. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *