Pindah KTP Jakarta, Khofifah Tak Punya Hak Pilih di Pilgub Jatim

Pindah KTP Jakarta, Khofifah Tak Punya Hak Pilih di Pilgub Jatim

Bintang Pos, Surabaya – Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja, menjadi satu-satunya pasangan yang tidak bisa mencoblos dalam pemilukada Jatim, Kamis (29/8/2013) besok.

Selain pasangan tersebut, cagub independen Eggi Sudjana, cawagub PDIP Said Abdullah dan cawagub incumbent Saifullah Yusuf (Gus Ipul), juga tidak mencoblos dengan alasan yang sama.

Data dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur menyebutkan saat para calon tersebut mendaftar sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur ternyata mengunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) terbaru.

“Dalam KTP tersebut mereka tercatat sebagai penduduk Jakarta, bukan Jatim,” kata anggota Bawaslu Jatim Sri Sugeng Pudjiatmiko kepada wartawan di Surabaya, Rabu (28/8/2013).

Pasangan Khofifah Indar Parawansa dilahirkan di Jawa Timur, namun lama bermukim di Jakarta,  Herman S Sumawiredja pernah menjadi Kapolda Jawa Timur, namun mengunakan KTP Jakarta.

Cagub Eggi Sudjana juga ber-KTP Jakarta. Said Abdullah meski kelahiran Jatim, KTP juga jakarta. Gus Ipul yang menjadi Wakil Gubernur selama lima tahun juga masih tercatat sebagai warga Jakarta.

Hal senada juga dikatakan komisioner KPU Jatim Najib Hamid, bila memang mereka ber-KTP Jakarta maka tidak bisa mendapatkan hak pilih dalam pilkada nanti.

Sementara Cagub incumbent Soekarwo dipastikan akan mencoblos di TPS 26, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo. Yakni, di daerah Kertajaya Indah Surabaya. Untuk cagub PDIP Bambang DH mencoblos di TPS 7 Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Jalan Pagesangan Baru 25 Surabaya. Untuk cawagub M Sihat di TPS Sukomanunggal, Tandes.(bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *