Pilkada Serentak Bisa Efisiensi Waktu & Biaya

Pilkada Serentak Bisa Efisiensi Waktu & Biaya

Bintang Pos, Surabaya- Senior Advisor Kemitraan, Ramlan Surbakti, menyarankan agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baik Propinsi maupun Kabupaten dijalankan secara serentak. Bila Pilkada dilakukan secara serentak maka banyak anggaran dan waktu yang bisa dihemat. 
“Sistem pemilu daerah, pemilu nasional dan lokal diselenggarakan pada hari dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sama. Ini bisa mendukung efisiensi anggaran dan waktu,” kata Ramlan dalam diskusi media RUU Pilkada yang diadakan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) di Cikini Jakarta Rabu (13/3/2013).

Ramlan menjelaskan dengan Pilkada serentak, partai politik memiliki waktu untuk berkoalisi. Mereka bisa merancang visi misi program daerah yang selama ini tertutup oleh isu nasional. Sehingga Kepala daerah tabf terpilih pun akan mendapat dukungan yang solid dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Selain itu, akan mengurangi jumlah partai karena pemilih akan cenderung memilih partai yang sama,” lanjutnya.

Sementara Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKB, Abdul Malik Haramain, menilai efisiensi anggaran Pilkada bisa dilakukan melalui pembatasan penggunaan dana calon yang diusung dan mekanisme pemilihan satu putaran.(oke-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *