Pilgub Jatim, Nasib Pasangan Eggi-Sihat Diputuskan Minggu Besok

Pilgub Jatim, Nasib Pasangan Eggi-Sihat Diputuskan Minggu Besok

Bintang Pos, SURABAYA – Nasib pencalonan pasangan bakal Cagub/Cawagub Eggi Sudjana-Muhammadi Sihat akan segera diketahui. Pasalnya KPU Jatim akan mengumumkan hasil verifikasi faktual dukungan KTP tahap kedua terhadap pasangan tersebut, Minggu (7/7/2013).

Komisioner KPU Jatim, Agus Mahfudz Fauzi mengatakan, saat ini semua fotokopi dukungan KTP tahap kedua yang diserahkan pasangan Eggi-Sihat sudah distribusikan dan sedang dicocokan sah-tidaknya dukungannya tersebut oleh Kabupaten/kota.

“Nah, hasil verifikasi yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota tersebut akan kita umumkan Minggu besok,” ujarnya, Jumat (5/7/2013).

Terkait bagaimana hasilnya, Agus mengaku belum tahu kepastiannya, apakah dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS).

Meski sebelumnya, pihaknya juga mendengar ada laporan PPK dan PPS dari

beberapa wilayah bahwa ada masalah dengan dukungan yang diserahkan pasangan Eggi-Sihat.

“Pokoknya secara formal KPU Jatim baru akan mengumumkan setelah hasil verifikasi tahap kedua selesai dan tentunya setelah ada laporan dari Kabupaten/Kota,” tegasnya.

Sebelumnya, ketika mendafarkan pertama kali sebagai pasangan independen, Eggi-Sihat menyerahkan dukungan fotokopi KTP sebanyak 1.122.458.

Setelah diverifikasi tahap pertama, yang dinyatakan lolos 239.910. Nah, agar dapat lolos, pada masa perbaikan dukungan kembali menyerahkan 2 juta dukungan fotokopi KTP. Dukungan tersebut melebihi dukungan yang disyaratkan, minimal 1.765.096 KTP.

Nah, hasil verifikasi terhadap 2 juta dukungan KTP itulah yang Minggu lusa akan diumumkan oleh KPU Jatim.

Eggi menyatakan, 2 juta berkas fotokopi KTP yang diserahkan ke KPU tersebut menunjukkan, bahwa dirinya sangat serius maju Pilgub Jatim. Semua itu dilakukan, karena dia ingin pesta demokrasi di Jatim lebih berkualitas.

“Makanya jangan sampai aspirasi rakyat ini diabaikan,” tegasnya.

Karena pentingnya menjaga kualitas demokrasi itulah, Eggi minta KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu dapat memahami dan menyatakan pencalonannya bersama Sihat dinyatakan Memenuhi Syarat. (tribun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *