Pesepak Bola Budi Sudarsono Daftar Caleg Dua Partai

Pesepak Bola Budi Sudarsono Daftar Caleg Dua Partai

Bintang Pos, Nganjuk  – Mantan gelandang serang tim nasional PSSI Budi Sudarsono terdaftar menjadi bakal calon legislatif di dua daerah yaitu di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Juwahir, Kamis mengatakan, nama Budi Sudarsono yang terdaftar di dua partai itu diadukan oleh salah seorang warga. Ia menyebut Budi juga terdaftar di KPU Kabupaten Kediri.

“Kami sedang koordinasi dengan KPU Kabupaten Kediri tentang nama Budi Sudarsono. Yang bersangkutan juga sudah datang ke KPU menjelaskan tentang pencalonan dirinya,” katanya dikonfirmasi.

Dari keterangan yang ia dapatkan, Budi memang berniat daftar menjadi calon legislatif di Kabupaten Nganjuk karena memang banyak saudara di Nganjuk. Budi juga sudah mencabut berkas ke partai yang menawarinya di Kabupaten Kediri, ketika hendak mendaftarkan diri menjadi calon legislatif di Kabupaten Nganjuk.

“Yang bersangkutan juga menjelaskan, pernah ditawari menjadi bakal calon legislatif di Kabupaten Kediri tapi kurang ‘sreg’, tapi didaftarkan juga di Kediri,” ungkapnya.

Juwahir mengatakan belum bisa memutuskan apakah pencalonan Budi Sudarsono itu melanggar aturan. Untuk saat ini, masih menunggu konfirmasi dari dua partai yang mendaftarkannya serta yang bersangkutan sendiri.

Budi Sudarsono yang juga mantan pemain Persik Kediri itu diketahui terdata menjadi bakal calon legislatif. Pesepak bola yang saat ini bermain untuk Persenga Nganjuk, itu terdata di daerah pilihan tiga Kabupaten Kediri sebagai bacaleg Partai Gerindra, dan juga di daerah pilihan empat Kabupaten Nganjuk sebagai bacaleg dari PPP.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaru Isworo mengatakan sudah koordinasi dengan KPU Kabupaten Nganjuk terkait dengan nama Budi Sudarsono. Namun, untuk saat ini masih menunggu makanisme pemilu legislatif menunggu tanggapan masyarakat. Sesuai jadwal, akan ditunggu sampai 27 Juni.

“Kami mengikuti mekanisme. Saat ini menunggu tanggapan masyarakat lalu nantinya tanggapan dari partai politik yang mendaftarkan. Kami akan klarifikasi dan pelajari apakah disengaja atau tidak,” ucapnya.

Pihaknya saat ini belum bisa memutuskan status Budi Sudarsono, itu apakah diperbolehkan mendaftar di salah satu partai atau justru dicoret dua-duanya, karena masih menunggu proses.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Kediri Muji Harjito mengatakan panwas sudah koordinasi dengan KPU Kabupaten Kediri dan Nganjuk, dan saat ini masih dalam proses.

“Kami hanya koordinasi saja tentang statusnya. Jika dicoret, yang berhak adalah KPU,” kata Jito, sapaan akrabnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *