Persatuan Reog Ponorogo Dukung Karsa

Persatuan Reog Ponorogo Dukung Karsa

Bintang Pos, Surabaya – Persatuan Reog Ponorogo Indonesia (PRPI) Jatim siap mengawal dan memenangkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) pada pilgub Jatim yang akan digelar 29 Agustus 2013.

Pernyataan kesiapan ini disampaikan Ketua PRPI Jatim Ir Siswandi bersama beberapa pengurus PRPI kabupaten/kota di Jatim yang datang ke Bale Karsa, di Jl Citarum 2 Surabaya, Rabu (3/7/2013). Mereka di antaranya datang dari Ponorogo, Magetan, Madiun, Ngawi, Lamongan dan Surabaya.

Siswandi mengatakan, dukungan PRPI Jatim kepada pasangan Karsa didasarkan kepada perhatian dan kepedulian pasangan incumbent ini terhadap perkembangan seni dan budaya, utamanya ikut aktif melestarikan Reog Ponorogo yang merupakan seni budaya asli Jatim.

Menurut Siswandi, saat ini di Jatim terdapat 876 group Reog Ponorogo dan 754 group Jaranan, yang masing-masing group beranggotakan sekitar 35-50 orang. “Khusus di Surabaya terdapat 64 group yang tergabung dalam Persatuan Unit-unit Reog se-Surabaya (Purbaya),” imbuhnya.

Ke depan, PRPI Jatim berharap, setiap tahun diselenggarakan festival Reog Ponorogo memperebutkan Piala Gubernur, serta bisa menjadi salah satu pendukung pengembangan pariwisata Jatim, seperti tari Barong di Bali yang bisa pentas di hotel berbintang.

Ketua Tim Pemenangan Karsa Tony Soenarto menyatakan terima kasih dan penghargaannya atas dukungan yang diberikan segenap insan Reog Ponorogo  kepada pasangan Pakde Karwo dan Gus Ipul untuk kembali memimpin Jatim untuk kedua kalinya.

Dia berharap, dukungan Pengurus PRPI Jatim ini tidak berhenti hanya pada saat pencoblosan, tetapi terus mengawal dan mengawasi kepemimpinan duet Karsa hingga lima tahun ke depan dalam melaksanakan program-program pembangunan sesuai visi dan misi keduanya, menuju Jatim yang semakin mandiri dan sejahtera, bersama wong cilik.(bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *