Perluas Pasar di Jepang, Garuda Gencarkan Promosi

Perluas Pasar di Jepang, Garuda Gencarkan Promosi

Bintang Pos, Jakarta – Untuk memperluas pasarnya di Jepang, saat ini Garuda Indonesia Airways (GIA) terus gencar berpromosi. Salah satunya adalah dengan ikut ambil bagian dalam Japan Travel Expo 2013 di Istora Senayan, 24-25 Agustus. Menurut Djunadi Putra Satrio, VP Marketing Garuda Indonesia, target pasar utamanya adalah warga Jepang di Indonesia.

“Keikutsertaan kami di sini sebenarnya lebih ke menarik minat komunitas Jepang yang tinggal di Indonesia. Mereka kami berikan penawaran khusus berkaitan dengan kejuaraan sumo yang berlangsung,” ujarnya.

Target pasar GIA adalah warga Jepang yang ke negaranya untuk pulang. Utamanya adalah para ekspatriat yang secara berkala pulang misalnya pada saat hari Natal.

Saat ini, untuk penerbangan ke Jepang, GIA bersaing dengan All Nippon Airline dan Japan Airline. GIA memiliki empat rute penerbangan ke Jepang yaitu Denpasar-Tokyo Haneda, Denpasar-Osaka, Jakarta-Tokyo Narita, dan Denpasar-Tokyo Narita.

Penerbangan paling ramai menurut Djunadi adalah tujuan Denpasar. Ia menyebut pasar Jepang itu unik.

“Pasar Jepang itu memang agak unik karena kebanyakan orangnya ke Indonesia untuk berwisata, bukan bisnis. Dan yang mau dilihat oleh mereka adalah Bali yang sangat terkenal di sana.”

Untuk strategi pemasaran di Jepang, GIA memilih untuk bekerja sama dengan agen wisata perjalanan terbesar di Jepang yaitu Japan Travel Biro (JTB). Selain itu juga dengan pendekatan B2B (business to business).

“JTB ini travel agent terbesar di Jepang. Mereka membantu kami mencarikan turis ke Indonesia. Kami juga bekerja sama dengan travel agent besar di Indonesia yang sering membuat tur ke Jepang.

“Ada juga mendekati perusahaan Jepang seperti Panasonic, Sony, atau Toyota. Nah, mereka menjadi klien korporasi kami. Kalau sudah klien korporasi, mereka bisa booking langsung ke Garuda dan mendapat harga khusus.”(bst)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *