Peringatan HUT RI, Gajah Kibarkan Sang Merah Putih

Peringatan HUT RI, Gajah Kibarkan Sang Merah Putih

PASURUAN –  Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, punya cara unik untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Sejumlah satwa langka berparade membentuk barisan upacara bendera.

Parade satwa liar yang terdiri dari gajah, singa, harimau, kuda, onta, ular dan burung berjalan beriringan menuju lapangan upacara di kawasan Aquatic Land.

Dipandu seorang pemimpin yang menunggang kuda, upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih.

Tiga orang petugas pembawa bendera merah putih berjalan menuju tiang bendera. Setelah bendera terpasang, seekor gajah, Novi (26), berjalan mendekat dan bertugas mengerek bendera. Dengan menggunakan belalainya, sang saka merah putih bergerak perlahan hingga berkibar di puncak tiang bendera.

Humas TSI II Prigen Kabupaten Pasuruan, Idham Rustian, mengungkapkan, untuk menyiapkan prosesi dan memeriahkan HUT RI, pihaknya tidak membutuhkan waktu lama. Pasalnya, satwa-satwa liar tersebut sudah terbiasa menjalankan instruksi dari masing-masing keeper.

“Kami melatih satwa sejak lima hari lalu. Tidak ada kesulitan yang berarti, karena satwa-satwa ini sudah cukup terlatih,” kata Idham Rustian, Sabtu (17/8/2013).

Sebagai kawasan wisata keluarga, pihaknya berharap even unik dan menarik ini dapat menambah motivasi dan semangat anak-anak berjiwa patriot. Selain sebagai hiburan, TSI II Prigen juga bisa memberikan sumbangsih nilai-nilai patriotisme bagi masyarakat.

Seorang pengunjung asal Tuban, Windawati, mengaku senang dapat melihat langsung kepiawaian satwa liar tersebut. Menurutnya, pada era modern saat ini semangat dan jiwa nasionalisme masyarakat semakin mengendur.

“Kalo satwa saja bisa memberikan penghormatan, kita harus bisa memberikan yang lebih baik untuk mengisi kemerdekaan,” kata Windawati.(okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *