Perdana Menteri Korea Selatan Mundur kerena Feri Karam

Perdana Menteri Korea Selatan Mundur kerena Feri Karam

Korea – Perdana Menteri Korea Selatan Chung Hong-won mengumumkan pengunduran dirinya pada Minggu, 27 April 2014, pagi. Hal tersebut berkenaan dengan peristiwa kapal feri Sewol yang kandas pada tanggal 16 April lalu di pantai Jindo, Korea Selatan, saat akan menuju Pulau Jeju. 

“Mempertahankan posisi saya akan sangat membebani pemerintah,” kata Chung saat mengumumkan pengunduran dirinya, seperti dilansir Reuters.

Pemerintah Korea Selatan memang mendapat kecaman dari warga terkait lambatnya penanganan terhadap bencana kapal feri nahas tersebut. Selain itu, pemerintah juga dianggap kerap memberi informasi yang tidak akurat, termasuk pemberitaan mengenai seluruh penumpang yang telah diselamatkan.

Chung dikabarkan diteriaki dan dilempari botol saat mengunjungi orang tua korban, sehari setelah kapal feri tersebut tenggelam.

Kapal Feri Sewol membawa 476 penumpang saat bertolak dari pelabuhan Incheon, yang kebanyakan merupakan siswa dan guru sebuah sekolah menengah. Sementara hingga Minggu, 27 April 2014, 187 penumpang telah ditemukan dan dinyatakan meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *