Penunjukan Sekolah Untuk Terapkan Kurikulum 2013 Secara Acak

Penunjukan Sekolah Untuk Terapkan Kurikulum 2013 Secara Acak

Bintang Pos, Surabaya – Sebanyak 14 lembaga sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bojonegoro pada tahun ajaran baru ini akan menerapkan kurikulum 2013. Namun, penentuan penerapan kurikulum tersebut dilakukan langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pusat secara acak.

“Disdik Daerah tidak tahu apa-apa, karena penunjukannya langsung dari pusat,” ujar Kasi Kurikulum TK/SD Dinas Pendidikan (Disidik) Kabupaten Bojonegoro, Agus Suryo, Senin (15/07/2013).

Namun, kata Agus Suryo, beberapa persiapan yang dilakukan saat ini masih belum beres secara total. Seperti misal untuk menunjang pelaksanaan kurikulum tersebut dengan menyediakan buku paket, silabus, dan RPP. “Sudah disiapkan oleh kementrian pendidikan pusat. Namun hingga kini belum ada konfirmasi kesiapan untuk penyediaannya (buku paket, silabus, dan RPP,” jelasnya.

Dari 14 lembaga Sekolah Dasar (SD) yang akan diterapkan kurikulum 2013 hanya kelas 1 dan kelas 4. Para siswa akan mendapat pengajaran dari guru masing-masing secara tematik. Untuk menunjang kemampuannya, guru dan pengawas sudah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur (Jatim). “SD kelas 1 dan kelas 4 yang baru menerapkan kurikulum 2013. Termasuk guru yang diklat ya hanya guru kelas yang paralelnya,” terangnya.

Model pembelajaran kurikulum 2013 yang digadang-gadang untuk menyempurnakan kurikulum KTSP ini lebih menonjolkan kepada pendidikan sikap karakter sehingga ada beberapa mata pelajaran umum seperti IPA dan IPS yang harus terintregasi.

Penunjukan guru untuk mempersiapkan kurikulum tersebut secara acak juga menjadi kendala dalam pelaksanaannya. “Kemarin ada guru yang ditunjuk sudah tua dan tidak siap. Tapi ya tidak bisa mengundurkan diri,” lanjutnya.

Sekolah Dasar di Bojonegoro yang Terapkan Kurikulum 2013:

SD Klangon 1, Kecamatan Kota Bojonegoro.
SD Belun, Kecamatan Temayang,
SD Prambatan, Kecamatan Balen,
SD Sumberejo 1, Kecamatan Sumberejo,
SD Kadipaten 1, Kecamatan Kota,
SD Kepatihan, Kecamatan Kota,
SD Santopaulus, Kecamatan Kota,
SD Dander 2, Kecamatan Dander,
SD Panjunan 2, Kalitidu,
SD Tapelan, Kecamatan Kapas,
SD Tanjung Harjo, Kecamatan Kapas,
SD Sukowati, Kecamatan Kapas,
SD Kalirejo, Kecamatan Ngraho,
SD Campurejo, Kecamatan Kota. (bjt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *