Pengembalian Lembar Jawaban Unas Kepulauan Tunggu Kapal

Pengembalian Lembar Jawaban Unas Kepulauan Tunggu Kapal

Bintang Pos, Surabaya – Pengembalian lembar jawaban ujian nasional (Unas) khusus untuk sekolah-sekolah di wilayah Kepulauan Sumenep, tidak dapat dilakukan setiap hari seperti sekolah daratan. Pengembalian lembar jawaban Unas harus menyesuaikan dengan jadwal kapal.

“Untuk sekolah di Kepulauan jauh seperti Masalembu, Sapeken, dan Kangean, kan tidak setiap hari ada kapal. Karena itu untuk pengembalian lembar jawaban dan soal Unas mendapat dispensasi, tidak harus setiap hari, melainkan menunggu jadwal kapal,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Ahmad Sadik, Selasa (16/04/13).

Namun ia menjamin lembar jawaban Unas tersebut tetap aman, karena disimpan di Mapolsek setempat. “Jadi setiap hari selesai pelaksanaan Unas, lembar jawaban dan soal ini dikumpulkan di masing-masing Polsek, sambil menunggu kapal. Nanti kalau ada jadwal kapal berangkat, maka lembar jawaban dan soal Unas itu akan dibawa ke Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sadik memaparkan, untuk sekolah-sekolah di wilayah daratan, berlaku aturan seperti biasa, yakni lembar jawaban dan soal Unas setiap hari disetor ke Dinas Pendidikan. “Tiap sekolah daratan selesai pelaksanaan Unas, setiap hari harus menyetor lembar jawaban dan soal, untuk disimpan di Dinas Pendidikan. Nanti kami yang akan membawa ke Jawa Timur untuk proses pemindaian,” terangnya.

Ia menambahkan, dari hasil pantauan di sejumlaah sekolah, pelaksanaan Unas hari pertama, Senin (15/04/13) kemarin berjalan lancar. Beberapa temuan seperti nomor soal tidak urut maupun halaman ganda, telah diatasi dan tidak sampai menimmbulkan persoalan berarti. “Mudah-mudahan sampai hari terakhir pelaksanaan Unas, tetap berjalan lancar dan tidak ada kendala,” harap Sadik. (bjt-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *