Pengamat: Bambang-Said Berpeluang Kalahkan Karsa

Pengamat: Bambang-Said Berpeluang Kalahkan Karsa

Bintang Pos, Surabaya – Pengamat mengemukakan bahwa pasangan Bambang Dwi Hartono dengan Said Abdullah berpeluang mengalahkan kandidat lainnya, terutama pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), sebagai efek domino dari Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta dan Jawa Tengah.
“Peluang itu masih ada karena efek domino dari Pilkada DKI Jakarta dan Jawa Tengah yang berdampak positif bagi semangat PDI Perjuangan di Jatim,” ujar pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Airlangga Pribadi, sesuai rilis yang diterima ANTARA di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, meski hanya didukung satu partai, yakni PDI Perjuangan, namun pasangan Bambang-Said dinilai memiliki peluang lebih dibandingkan kandidat lainnya dalam mengalahkan “Karsa” yang didukung mayoritas partai parlemen dan belasan partai nonparlemen.

Kandidat doktor di “Murdoch University Australia”, tersebut menyarankan, jika partai dan kader mampu menjaga momentum tersebut, dipastikan mesin dan sayap partai akan semakin panas sehingga siap memenangkan pasangan yang dipasangkan belum lama tersebut.

Dalam konteks politik nasional, kata dia, arena Pilkada Jatim yang digelar 29 Agustus mendatang juga sebagai penentu peta politik menjelang Pemilihan Umum Legislatif 2014.

“Jika PDI Perjuangan juga menang di Jatim maka dipastikan akan menjadi ganjalan bagi Partai Demokrat untuk kembali memenangkan Pemilu 2014,” katanya.

Sementara itu Said Abdullah terus melakukan “road show” ke beberapa wilayah tapal kuda. Seperti yang dilakukan, Sabtu (8/6) di Banyuwangi. Anggota Fraksi PDIP DPR RI tersebut blusukan ke sejumlah pasar.

Di hadapan pedagang, ia berjanji jika terpilih akan menjadikan pedagang pasar, pedagang kaki lima dan UKM-UKM sebagai prioritas, dengan cara memberikan pinjaman melalui bank dengan bunga yang akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jatim.

“Sarat pengajuannya dipermudah dan bunganya akan ditanggung penuh oleh Pemprov. Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap pedagang,” kata politisi kelahiran Sumenep, Madura tersebut.

Didampingi Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko, Said juga melakukan aksi borong dagangan. Ia juga mengaku kedatangannya kali ini merupakan daerah ke-12 yang dikunjunginya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *