Pengacara Akil: Pilkada Jatim, Khofifah Harusnya Menang

Pengacara Akil: Pilkada Jatim, Khofifah Harusnya Menang

JAKARTA – Pengacara mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, Otto Hasibuan, berbicara soal penanganan sengketa Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2013. Menurut Otto, Akil pernah menyatakan bahwa yang seharusnya menjadi Gubernur Jawa Timur adalah pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja.  


Menurut Otto, MK sebenarnya sudah memutuskan kemenangan Khofifah-Herman tujuh hari sebelum amar putusan dibacakan pada 7 Oktober 2013.

“Jadi keputusan MK itu sebenarnya sudah ada tujuh hari sebelum amar putusan. Dan itu Pak Akil menegaskan bahwa Bu Khofifah dan Pak Herman yang menang. Tapi, ini tiba-tiba putusannya incumbent yang menang,” kata kuasa hukum Akil, Otto Hasibuan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Menurut Otto, Akil adalah Ketua Panel PHPU Jawa Timur. Namun, sebelum amar putusan Jatim dibacakan, Akil keburu ditangkap KPK gara-gara menerima suap dalam pengurusan sengketa Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

“Pak Akil Ketua Panel, putusan tujuh hari sebelum dibacakan sudah ada, tapi pascaditangkap Pak Akil itu tiba-tiba pihak sana (KarSa) yang menang. Ini ada apa?” ujar Otto menambahkan.

Otto menambahkan, Akil akan mengirim surat ke MK meminta klarifikasi kepada Hakim Konstitusi alasan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf yang akhirnya justru diputuskan menang.

“Jadi tadi Pak Akil minta kepada saya untuk menyurati MK, menglarifikasi masalah tersebut,” ucap dia.(okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *