Pemkot Kediri Terima Aset Asing

Pemkot Kediri Terima Aset Asing

Bintang Pos, Kediri – Setelah melalui proses yang cukup panjang, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri akhirnya menerima tiga aset yang sebelumnya milik asing. Tiga aset peninggalan asing china ke Pemkot tersebut berupa tanah dan bangunan yang selama ini masih dikuasai pihak asing.

Tiga aset lahan dan bangunan itu yakni, sebuah bangunan berupa SD di jalan kyai mojo dan kantor kelurahan jalan yos sudarso seluas 1.312 meter persegi, serta tanah dan bangunan seluas 4006 meter persegi di jalan Kartini yang saat ini ditempati Dinas Kesehatan.

Kabid Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Kementerian Keuangan wilayah Jawa Timur Guntur Riyanto mengatakan, setelah melalui proses sertifikasi maupun hasil survey, akhirnya pihak dirjen kekayaan Negara mengambil alih status tanah yang sebelumnya dikuasai asing dan diserhakn ke Pemkot Kediri. “Degan diserahkan berkas ini, maka secara sah demi hokum, tiga aset tersebut menjadi milik Pemkot Kediri,” ujarnya, Rabu (28/8/2013).

Masih kata Guntur, selain sudah meneyrahkan tiga asset kepada Pemkot Kediri, saat ini pihaknya juga masih memproses 2 lahan lagi yang juga akan diserahkan ke pemkot kediri, dengan target akhir tahun telah selesai. “Masih ada dua lagi tahun ini kami targetkan selesai dan bisa diserahkan ke pemkot, saat ini masih dalam proses,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam penyerahan asset itu, pihak dirjen kuangan menyerahkan ke asisten pemkot kediri Haris Candra Purnairawan, dengan disaksikan Kabag hokum Dwi Cipta serta bagian asset DPPKA Kota Kediri. (brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *