Pemkab Malang Gerojok 10.000 Buku Digerojok ke Perpustakaan Desa

Pemkab Malang Gerojok 10.000 Buku Digerojok ke Perpustakaan Desa

Bintang Pos, Malang – Perpusataan desa dan PKK di Kabupaten Malang menghibahkan 10.000 eksemplar buku. Bupati Malang, Rendra Kresna menyerahkan buku-buku dari APBN dan APBD Provinsi Jawa Timur itu langsung kepada kepala desa, Rabu (25/9/2013).

Endang Retnowati, Kepala Badan Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Malang kepada Surya Online menyatakan hibah buku diberikan ke 10 desa di sembilan kecamatan.

Desa-desa itu terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, Donomulyo, Kalipare, Kepanjen, Lawang, Wonosari, Pakis dan Poncokusumo. “Isi-isi bukunya beragam. Mulai untuk anak usia dini, remaja, ibu dan lanjut usia (lansia),” kata Endang.

Dengan jumlah itu, maka setiap desa dapat guyuran 1.000 eksemplar buku. Menurut mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang ini, sebanyak enam desa mendapat bantuan buku-buku dari alokasi APBN. Sedang empat desa lainnya dapat buku dari alokasi APBD Provinsi Jawa Timur. Empat perpustakaan itu merupakan perpustaan desa, sisanya perpustakaan yang dikelola PKK.

“Kami harapkan bantuan buku ini bisa meningkatkan minat baca di wilayah. Sebab perpustakaan di Kepanjen kan agak jauh,” katanya. Selain buku, bantuan juga berupa rak buku. Bupati Malang menghimbau ke PNS Pemkab Malang untuk memberikan buku-buku yang sudah dibacanya untuk disumbangkan ke perpustakaan Kabupaten Malang.(sry)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *