Pemkab Bangkalan Quatrick Raih Opini WTP

Pemkab Bangkalan Quatrick Raih Opini WTP

BintangPos, Bangkalan –  Apresiasi layak diberikan kepada Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron. Sebab, di bawah kepemimpinan pria yang biasa disapa Ra Latif itu, Kabupaten Bangkalan empat kali berturut-turut meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penyerahan laporan pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 diterima Ra Latif di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jatim kemarin (24/5). Predikat itu diharapkan menjadi pelecut bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan untuk terus mempertahankan opini yang telah diraih.

”Alhamdulillah, kami di sini mendapat opini WTP yang sudah kami pertahankan selama empat tahun berturut-turut,” ucap Ra Latif kemarin (24/5).

Mantan wakil ketua DPRD Bangkalan itu menyampaikan, opini WTP yang didapat akan menjadi tambahan pelecut bagi semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk semakin baik. Terutama dalam pelaksanaan program-program maupun penyediaaan laporan.

Ra latif berkomitmen terus melakukan evaluasi guna dapat mempertahankan prestasi dalam bidang pelaporan keuangan tersebut. Salah satunya, memenuhi segala rekomendasi atau masukan yang diberikan BPK Perwakilan Jatim. ”Rekomendasi-rekomendasi yang diberikan BPK akan kita diperbaiki,” tegasnya.

Dia menjelaskan, predikat WTP yang diraih tidak lepas dari peran dan sinergisitas antara legislatif dan eksekutif. Karena itu, dia berjanji untuk terus berupaya meningkatkan hubungan baik antara legislatif dan eksekutif. Tujuannya, bisa membawa Kota Salak ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bangkalan Agus Zein menyampaikan, hasil pemeriksaan BPK menjadi parameter dalam pertanggungjawaban penggunaan anggaran. Predikat WTP yang disabet menjadi bukti bahwa penggunaan dan pelaporan anggaran pemerintah sudah baik.

”Predikat WTP yang diraih menjadi bukti bahwa OPD di lingkungan Pemkab Bangkalan sudah bekerja dengan baik,” ucapnya.

Agus Zein optimistis, predikat WTP yang diraih akan menjadi motivasi bagi OPD dalam memperbaiki akuntabilitas keuangan. Dengan demikian, antara program dan laporan keuangan yang terealisasi sama-sama berjalan baik dan maksimal. ”Mudah-mudahan ini menjadi pelecut semangat agar kita lebih baik lagi,” tandasnya. Dbs-Rama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *