Pemilu Tertib Jadi Modal untuk Pilpres

Pemilu Tertib Jadi Modal untuk Pilpres

Jakarta  – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman menilai pelaksanaan pemilu legislatif pada 9 April 2014 berjalan dengan aman dan tertib. Meskipun, di beberapa daerah harus dilakukan pemilihan ulang karena masalah teknis.“Di situ mencerminkan bahwa masyarakat bisa menentukan hak pilihnya, dan kami tidak melihat adanya tekanan-tekanan,” kata Marciano di Istana Negara, Jakarta, Jumat 11 April 2014.

Menurut Marciano, hal ini bisa menjadi modal untuk melaksanakan Pilpres pada 9 Juni 2014 mendatang. “Bahwa kondisi yang sekarang terkendali baik, masyarakat berperan aktif menjaga. Jangan kita mundur lagi ke belakang,” kata dia.

Sampai saat ini, kata dia, belum ada gejala kerusuhan yang bisa mengganggu stabilitas menjelang pilpres. Dengan demikian, BIN yakin keamanan akan tetap terjaga sehingga pilpres bisa berjalan sebaik-baiknya.

Marciano juga memastikan bahwa pendistribisian surat suara untuk pilpres, tidak akan terkendala seperti pada pileg lalu. Kepolisian dan lembaga terkait sudah mengantisipasi segala bentuk masalah.

Meski demikian, Pemerintah berharap masyarakat tetap aktif melaporkan hal-hal yang mencurigakan, termasuk soal distribusi logistik.

Sementara BIN, kata dia, sudah memberikan masukan berkaitan hal-hal yang diduga bisa menganggu pendistribusian. “Agar petugas selalu siap siaga dan antisipasi,” kata dia. vns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *